Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit: 8 November 2015
Pengertian Pedagogik
Pedagogik secara etimologis berasal dari
bahasa Yunani, “paedos”, yang berarti
anak laki-laki, dan “agogos”, yang
artinya mengantar, membimbing. Dalam arti khusus pedagogik dapat diartikan
sebagai ilmu mendidik anak.
Pedagogik merupakan suatu teori dan kajian yang secara teliti, kritis, dan
objektif mengembangkan konsep-konsepnya mengenai hakikat manusia, hakikat anak,
hakikat tujuan pendidikan, serta hakikat proses pendidikan.
Perbedaan Pedagogik dengan Pendidikan
Ada
beberapa teori yang berpandangan bahwa pedagogik dan pendidikan itu sama. Tapi
kebanyakan ahli sepakat untuk memisahkan definisi pedagogik dan peendidikan.
Pedagogik merupakan pendidikan dalam arti khusus, arti yang lebih sempit.
Sedangkan Pendidikan memiliki arti yang lebih luas lagi. Pendidikan merupakan
usaha manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, yang berlangsung
sepanjang hayat.
Pengertian Landasan Pendidikan
Secara leksikal, landasan berarti dasar
tempat berpijak, alas atau tempat dimulainya suatu perbuatan. Menurut sifat
wujudnya, landasan terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
- Landasan yang bersifat fisik, yaitu landasan yang mengarah pada bentuk fisik. Contohnya: landasan pesawat terbang.
- Landasan yang bersifat konseptual, yaitu landasan yang mengarah pada suatu konsep atau teroi. Contohnya: Pancasila dan UUD 1945.
Landasan yang bersifat konseptual identik
dengan asumsi, yaitu suatu pendapat atau pernyataan yang dianggap benar, yang
dapat dipergunakan untuk pemikiran ke arah pemecahan suatu masalah. Asumsi
terbagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu:
- Aksioma. Aksioma adalah suatu pernyataan yang bisa dilihat kebenarannya tanpa perlu adanya bukti.
- Postulat. Postulat adalah asumsi yang menjadi pangkal dalil yang dianggap benar tanpa perlu membuktikannya.
- Premis. Premis adalah apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan.
Jenis-Jenis Landasan Pendidikan
Ada
berbagai jenis landasan pendidikan, berdasarkan sumber perolehannya kita dapat
mengidentifikasi jenis landasan pendidikan menjadi:
- Landasan religius pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari religi atau agama yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.
- Landasan filosofis pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari filsafat yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.
- Landasan ilmiah pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari berbagai cabang atau disiplin ilmu yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan. Tergolong ke dalam landasan ilmiah pendidikan antara lain: landasan psikologis pendidikan, landasan sosiologis pendidikan, landasan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan, dsb. Landasan ilmiah pendidikan dikenal pula sebagai landasan empiris pendidikan atau landasan faktual pendidikan.
- Landasan yuridis atau hukum pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari peraturan perundang-undangan yang berlaku yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.
Fungsi Landasan Pendidikan
Landasan pendidikan secara garis besar
berfungsi sebagai titik tolak atau acuan konsep, prinsip, teori bagi para
pendidik dalam rangka melaksanakan praktik pendidikan dan atau studi
pendidikan. Landasan pendidikan tertuju kepada pengembangan wawasan
kependidikan, yaitu berkenaan dengan berbagai asumsi yang bersifat umum tentang
pendidikan yang harus dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependidikan sehingga
menjadi cara pandang dan bersikap dalam melaksanakan tugasnya.
Fungsi lain landasan pendidikan bagi
tenaga pendidik adalah sebagai berikut:
- Mengetahui berbagai konsep, prinsip dan teori pendidikan yang dapat memotivasi pendidik untuk menggali pandangan-pandangan pendidikan yang bersifat teoritis.
- Mengembangkan kemampuan berpikir kritis terhadap pandangan-pandangan teori pendidikan sehingga dapat memilah-milah dan menentukan teori pendidikan yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran.
- Secara langsung atau tidak langsung, baik disadari atau tidak, landasan pedagogik memberikan kontribusi pada pola pikir dan pola kerja pendidik, tentang bagaimana seharusnya melaksanakan studi dan praktik pendidikan.
Daftar Pustaka
Callahan,
J.F., and Clark, L. H. 1983. Foundations
of Educations. New York: Mcmillan.
Kneller,
G. F. 1971. Foundations of Education.
USA: John Wiley & Sons Inc.
Robandi,
Babang. 2005. Handout Mata Kuliah
Landasan Pendidikan. Tersedia (online): http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/196108141986031-BABANG_ROBANDI/LPPOLRI.pdf
[diakses pada tanggal 11 November 22015].
Sadulloh,
Uyoh, dkk. 2015. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
jadi tau apa itu Pedagogik
BalasHapusEMI