Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 08 Juli 2013

Cara Mengaduk Larutan

Oleh               : Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit  : 8 Juli 2013

1. Mengaduk pada Gelas Kimia
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pengadukan di gelas kimia adalah kontrol tangan yang cukup stabil pada saat mengaduk. Usahakan batang pengaduk tidak sampai berbenturan dengan dinding atau dasar dari gelas kimia. Secara estetika suara yang dihasilkan benturan batang pengaduk dan gelas kimia sangatlah mengganggu. Secara teoritis benturan antara batang pengaduk dan gelas kimia dapat menyebabkan kerusakan pada salah satu atau kedua alat tersebut.

2.  Mengocok Tabung Reaksi
Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam mengocok tabung reaksi. Salah satu teknik yang paling mudah diaplikasikan adalah dengan memegang leher tabung reaksi dengan cukup kokoh lalu menepuk-nepukan tabung reaksi tersebut pada telapak tangan yang lain secara perlahan. Perhatikan gambar di bawah ini untuk mempermudah Anda dalam memahami teknik yang telah dijelaskan:

3. Menggoyang Erlenmeyer
Perlu tangan yang cukup terampil dan luwes untuk dapat menggoyang labu erlenmeyer secara baik dan benar. Pegang leher erlenmeyer dengan cukup kuat, lalu putar perlahan searah jarum jam. Pastikan goyangan yang Anda lakukan tidak membuat cairan dalam labu erlenmeyer meluap ke luar. Perhatikan gambar simulasi teknik menggoyang erlenmeyer di bawah ini:

4. Mengocok Labu Volumetrik
Teknik mengocok labu volumetrik berbeda dengan teknik mengocok tabung reaksi, meskipun keduanya sama-sama memiliki leher yang lurus dan ramping. Penting sekali untuk tidak menukar tutup labu volumetrik satu dengan labu volumetrik lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan kemampuan kedap dari tutup labu volumetrik. Perhatikan rangkaian gambar teknik mengocok labu volumetrik di bawah ini:


Catatan: Selengkapnya mengenai teknik dasar dalam praktikum klik link berikut: Teknik Dasar dalam Praktikum

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat