Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 03 Juli 2014

Mengamati Proses Pembakaran Lilin

Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit: 3 Juli 2014

Dalam peroses pembelajaran kadang guru merasa kecewa dengan hasil pengamatan siswa yang tercantum di data pengamatan karena masih bersifat abstrak, terlalu umum dan tidak sistematik Oleh karena itu Bapak/Ibu Guru harus memancing siswa agar berpikir kritis. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan melakukan praktikum proses mengamati lilin.


Praktikum ini menurut saya sangat efektif. Menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, meningkatkan daya analisis dan keterbukaan. Materi yang sederhana ini memang kadang dianggap sebelelah mata. Tapi jangan dulu menjudge sebelum mencobanya di sekolah. Saya jamin akan sangat bermanfaat. Karena banyak orang yang tidak menyangka bahwa ada ±42 perubahan yang dapat diamati pada proses pembakaran lilin. Cocok untuk diaplikasikan di awal semester untuk SD, SMP, SMA, bahkan PT.

Catatan: LKS bertipe semi open


Indikator Percobaan
Setelah melakukan percobaan ini diharapkan siswa dapat:
Kognitif
1.      Menjelaskan fenomena-fenomena pada saat lilin terbakar secara makroskopik.
2.      Menjelaskan fenomena-fenomena pada saat lilin terbakar secara mikroskopik.
3.      Melakukan pengukuran terhadap lilin.
4.      Memprediksi perlakuan-perlakuan yang dapat digunakan (variabel bebas) untuk mengetahui pengaruhnya terhadap lilin yang terbakar.
Psikomotorik
1.      Merangkai alat percobaan pengamatan lilin.
2.      Mengamati proses pembakaran lilin.
3.      Mematikan api lilin secara benar.
Apektif
1.      Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal-hal apa saja yang didapatkan dari pengamatan terhadap lilin.
2.      Disiplin ketika melaksanakan prosedur percobaan yang telah dibuat.
3.      Jujur ketika menuliskan data pengamatan hasil percobaan.

Tujuan Percobaan
1.      Menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi pada saat lilin terbakar dengan menggunakan metode group investigation.
2.    Melakukan pengukuran (suhu, panjang, dan massa) terhadap lilin dengan menggunakan metode group investigation.

Pendahuluan
Bacalah wacana di bawah ini!
Lilin yang Terbakar
Melalui percobaan ini peserta akan mempelajari banyak hal penting dari fenomena sederhana yang sering sekali kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Michael Faraday pernah melakukan hal serupa, beliau mengamati proses pembakaran sebatang lilin dan berhasil menuliskan 42 perubahan yang terjadi pada saat lilin terbakar. Sungguh menakjubkan bukan? Apakah Anda mampu melampui kemampuan Faraday? Mari Kita buktikan!
Gambar 1. Ilustrasi lilin yang terbakar

Pertanyaan Pra Lab.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan jelas!
1.      Apa yang Anda ketahui mengenai istilah-istilah di bawah ini:
a.       Ilmu pengetahuan alam/sains (skor 0-1)
b.      Mengamati (skor 0-1)
c.       Besaran (skor 0-1)
d.      Satuan (skor 0-1)
e.       Pengukuran (skor 0-1)

2.      Sebutkan kegunaan alat-alat ini dalam pengukuran
a.       Mistar (skor 0-1)
b.      Mikrometer sekrup (skor 0-1)
c.       Jangka sorong (skor 0-1)
d.      Neraca (skor 0-1)
e.       Termometer (skor 0-1

Alat dan Bahan
No.
Nama Alat/Bahan
Jumlah
Keterangan
1
Lilin
1 batang

2
Korek api
1 buah

3
Alat ukur
1 set
Penggaris, thermometer, jangka sorong, mikrometer sekrup.
 Prosedur Percobaan
1.      Amati sebatang lilin yang belum terbakar selama 5 menit. Tuliskan hasil pengamatan Anda!
2.      Bakarlah lilin tersebut. Lakukanlah pengamatan terhadap lilin yang terbakar selama 5 menit. Tuliskan hasil pengamatan Anda!
3.      Berikanlah perlakuan terhadap lilin tersebut, seperti: mendekatkan tangan ke dekat api, mendekatkan tisu ke dekat api, dll. Berikanlah perlakuan sebanyak mungkin selama 10 menit. Tuliskan hasil pengamatan Anda!

Data Pengamatan
No.
Objek Pengamatan
Keterangan















Kesimpulan
Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatan yang telah Anda lakukan! (skor 0-3)

Pembahasan
Bagaimana hasil pengamatan yang Anda lakukan? Berapa banyak pengamatan yang Anda dapatkan? Untuk melihat seberapa hebat Anda silakan lihat sejauh mana kemampuan Anda dalam hal mengamati dengan membandingkannya dengan tabel di bawah ini:
No.
Jumlah Pengamatan
Nilai
Predikat
1
< 10
D
Sebaiknya Anda lebih serius lagi
2
11-20
C
Anda sudah cukup berusaha
3
21-30
B
Selangkah lagi Anda dapat menjadi ilmuwan
4
> 30
A
Menakjubkan
 Selamat atas predikat yang Anda capai. Tanpa Anda sadari ketika Anda melakukan percobaan di atas terdapat delapan keterampilan sains yang Anda dapatkan. Kedelapan keterampilan tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Mengajukan pertanyaan
2.      Melakukan pengamatan
3.      Mengklasifikasi
4.      Komunikasi
5.      Menyimpulkan
6.      Melakukan pengukuran
7.      Membuat inferensi
8.      Membuat prediksi/hipotesa

Selain itu terdapat 10 sikap yang dapat dilatih melaui percobaan tadi (dan percobaan-percobaan lainnya). Berikut sepuluh sikap yang dapat dilatih dari pembelajaran berbasis percobaan:
1.      Keingintahuan
2.      Ketekunan
3.      Positif terhadap kegagalan
4.      Terbuka
5.      Bekerjasama
6.      Toleransi
7.      Tidak memihak
8.      Skeptis yang sehat
9.      Kejujuran
10.  Tidak percaya takhayul

Pertanyaan Pos Lab.
Jawablah pertanyaan di bawah ini untuk mengetahui apakah Anda benar-benar memahami konsep yang telah dipelajari!
1.      Mengapa bentuk nyala api selalu mengkerucut ke atas? (skor 0-5)

2.      Nyala api pada sebuah lilin memiliki warna yang berbeda-beda. Misalkan ada warna kuning, merah, biru, ungu dan hijau. Dapatkah kalian menentukan suhu mana yang terpanas dari keempat warna api tersebut? Kalau bisa cobalah untuk mengurutkan warna api tersebut dimulai dari yang terdingin menuju ke yang terpanas! (skor 0-3)

3.      Perhatikan gambar hasil pengukuran dengan menggunakan mistar di bawah ini:
Berdasarkan gambar di atas.Tentukanlah berapa panjang dari benda di atas! (skor 0-1)

4.      Perhatikan gambar hasil pengukuran dengan menggunakan jangka sorong di bawah ini:
Berdasarkan gambar di atas.Tentukanlah berapa diameter luar dari benda di atas! (skor 0-3)

5.      Perhatikan gambar hasil pengukuran dengan menggunakan mikrometer sekrup di bawah ini:
Berdasarkan gambar di atas.Tentukanlah berapa diameter luar dari benda di atas! (skor 0-3)

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat