Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 08 November 2015

Landasan Pendidikan

Tanggal terbit: 8 November 2015


Pengertian Pedagogik
Pedagogik secara etimologis berasal dari bahasa Yunani, “paedos”, yang berarti anak laki-laki, dan “agogos”, yang artinya mengantar, membimbing. Dalam arti khusus pedagogik dapat diartikan sebagai ilmu mendidik anak. Pedagogik merupakan suatu teori dan kajian yang secara teliti, kritis, dan objektif mengembangkan konsep-konsepnya mengenai hakikat manusia, hakikat anak, hakikat tujuan pendidikan, serta hakikat proses pendidikan.

Perbedaan Pedagogik dengan Pendidikan
Ada beberapa teori yang berpandangan bahwa pedagogik dan pendidikan itu sama. Tapi kebanyakan ahli sepakat untuk memisahkan definisi pedagogik dan peendidikan. Pedagogik merupakan pendidikan dalam arti khusus, arti yang lebih sempit. Sedangkan Pendidikan memiliki arti yang lebih luas lagi. Pendidikan merupakan usaha manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, yang berlangsung sepanjang hayat.

Pengertian Landasan Pendidikan
Secara leksikal, landasan berarti  dasar tempat berpijak, alas atau tempat dimulainya suatu perbuatan. Menurut sifat wujudnya, landasan terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
  1. Landasan yang bersifat fisik, yaitu landasan yang mengarah pada bentuk fisik. Contohnya: landasan pesawat terbang.
  2. Landasan yang bersifat konseptual, yaitu landasan yang mengarah pada suatu konsep atau teroi. Contohnya: Pancasila dan  UUD 1945.

Landasan yang bersifat konseptual identik dengan asumsi, yaitu suatu pendapat atau pernyataan yang dianggap benar, yang dapat dipergunakan untuk pemikiran ke arah pemecahan suatu masalah. Asumsi terbagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  1. Aksioma. Aksioma adalah suatu pernyataan yang bisa dilihat kebenarannya tanpa perlu adanya bukti.
  2. Postulat. Postulat adalah asumsi yang menjadi pangkal dalil yang dianggap benar tanpa perlu membuktikannya.
  3. Premis. Premis adalah apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan.


Jenis-Jenis Landasan Pendidikan
Ada berbagai jenis landasan pendidikan, berdasarkan sumber perolehannya kita dapat mengidentifikasi jenis landasan pendidikan menjadi:
  1. Landasan religius pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari religi atau agama yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.
  2. Landasan filosofis pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari filsafat yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.
  3. Landasan ilmiah pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari berbagai cabang atau disiplin ilmu yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan. Tergolong ke dalam landasan ilmiah pendidikan antara lain: landasan psikologis pendidikan, landasan sosiologis pendidikan, landasan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan, dsb. Landasan ilmiah pendidikan dikenal pula sebagai landasan empiris pendidikan atau landasan faktual pendidikan.
  4. Landasan yuridis atau hukum pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari peraturan perundang-undangan yang berlaku yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.


Fungsi Landasan Pendidikan
Landasan pendidikan secara garis besar berfungsi sebagai titik tolak atau acuan konsep, prinsip, teori bagi para pendidik dalam rangka melaksanakan praktik pendidikan dan atau studi pendidikan. Landasan pendidikan tertuju kepada pengembangan wawasan kependidikan, yaitu berkenaan dengan berbagai asumsi yang bersifat umum tentang pendidikan yang harus dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependidikan sehingga menjadi cara pandang dan bersikap dalam melaksanakan tugasnya.
Fungsi lain landasan pendidikan bagi tenaga pendidik adalah sebagai berikut:
  1. Mengetahui berbagai konsep, prinsip dan teori pendidikan yang dapat memotivasi pendidik untuk menggali pandangan-pandangan pendidikan yang bersifat teoritis.
  2. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis terhadap pandangan-pandangan teori pendidikan sehingga dapat memilah-milah dan menentukan teori pendidikan yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran.
  3. Secara langsung atau tidak langsung, baik disadari atau tidak, landasan pedagogik memberikan kontribusi pada pola pikir dan pola kerja pendidik, tentang bagaimana seharusnya melaksanakan studi dan praktik pendidikan.
Daftar Pustaka

Callahan, J.F., and Clark, L. H. 1983. Foundations of Educations. New York: Mcmillan.

Kneller, G. F. 1971. Foundations of Education. USA: John Wiley & Sons Inc.

Robandi, Babang. 2005. Handout Mata Kuliah Landasan Pendidikan. Tersedia (online): http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/196108141986031-BABANG_ROBANDI/LPPOLRI.pdf [diakses pada tanggal 11 November 22015].

Sadulloh, Uyoh, dkk. 2015. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

1 komentar :

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat