Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 01 Juli 2014

LKS Penyepuhan Besi Oleh Tembaga

Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit: 1 Juli 2014

Catatan: LKS bertipe semi open

Indikator Percobaan
Setelah melakukan percobaan ini diharapkan siswa dapat:

Kognitif
1.      Merancang percobaan penyepuhan besi oleh tembaga
2.      Menganalisis prinsip-prinsip penyepuhan besi oleh tembaga
3.      Memberikan minimal tiga contoh aplikasi penyepuhan dalam kehidupan sehari-hari

Psikomotorik
1.      Merangkai alat percobaan untuk penyepuhan besi oleh tembaga
2.      Menimbang massa zat yang diperlukan untuk membuat larutan
3.      Mengaduk larutan dengan benar
4.      Menghitung volum larutan di dalam labu ukur
5.      Mengocok larutan menggunakan labu ukur

Apektif
1.      Bekerjasama dalam merancang percobaan penyepuhan besi oleh tembaga
2.      Disiplin ketika melaksanakan prosedur percobaan yang telah dibuat
3.      Jujur ketika menuliskan data pengamatan hasil percobaan

Tujuan Percobaan
1.     Menjelaskan kerugian yang ditimbulkan oleh proses korosi dengan menggunakan metode pembelajaran group investigation
2.     Menjelaskan cara  mencegah korosi dengan menggunakan metode pembelajaran group investigation
3.     Merancang percobaan destilasi air teh dengan menggunakan metode pembelajaran group investigation
4.     Melakukan percobaanuntuk menyepuh suatu logam dengan logam lain

Pendahuluan
Bacalah wacana di bawah ini!
Penyepuhan Logam-logam yang Mudah Berkarat
Anda tentu pernah mengalami kekecewaan, karena barang yang anda miliki rusak karena berkarat. Sepeda, hiasan, mainan, alat dapur yang awalnya bersih menjadi rusak. Secara ekonomi, sangat besar biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki atau bahkan menganti barang-barang yang berkarat.
Gambar 1. Rangkaian alat percobaan penyepuhan besi oleh tembaga

Proses perkaratan pada barang-barang dari logam tersebut merupakan proses elektrokimia, dimana logam-logam tersebut berinteraksi dengan zat-zat kimia yang ada di lingkungannya sehingga terjadi reaksi redoks. Apakah proses elektrokimia selalu merugikan kita? Proses elektrokimia yang tidak terkendalikan akan banyak merugikan kita. Tetapi perkembangan ilmu pengetahuan telah berhasil mengendalikan proses elektrokimia. Anda tentu pernah menggunakan barang-barang hasil proses elektrokimia. Baterai untuk menyalakan radio, kalkulator, atau jam tanganmu merupakan barang yang menggunakan proses elektrokimia. Contoh lain dari proses elektrokimia adalah pelapisan logam dengan logam lain. Coba amati komponen dari sepeda yang putih mengkilap. Komponen tersebut terbuat dari besi yang sudah dilapisi krom.Sekarang sudah banyak barang-barang khususnya perhiasan yang berlapiskan perak atau emas. Seperti halnya penyepuhan logam.

Pada pembelajaran tentang elektrolisis, Anda mempelajari kegunaan dari elektrolisis tersebut. Diantaranya, elektrolisis dapat digunakan untuk melapisi logam yang mudah berkarat dengan logam yang lebih tahan terhadap perkaratan (korosi). Dalam kehidupan sehari-hari, perhiasan yang bukan emas dilapisi dengan emas. Istilah yang sering digunakan disini adalah penyepuhan.

Logam yang tidak mudah berkarat atau tahan korosi ini diantaranya terdapat logam-logam yang tergolong mulia. Ingatkah Anda logam apa saja yang tergolong logam mulia? Cu, Hg, Ag, Pt, dan Au. Ya, ada 6 logam tergolong mulia. Kaleng makanan adalah besi yang dilapisi timah putih. Walaupun timah putih (Sn) memang tidak termasuk logam mulia, namun pada deret keaktifan logam, harga potensialnya mendekati logam mulia. Jadi dapat dikatakan Sn agak mulia, sukar mengalami oksidasi.

Pertanyaan Pra Lab.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! (skor 0-3)
1.  Mari mengingat kembali pelajaran yang telah kalian pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
a.       Apa yang dimaksud dengan elektrokimia?
b.      Apa yang dimaksud dengan sel volta?
c.       Apa yang dimaksud dengan elektrolisis?
2.     Penyepuhan merupakan salah satu aplikasi dari konsep elektrolisis. Sebelum melakukan percobaan ada baiknya kita memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan elektrolisis. Cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini: (skor 0-5)
a.       Apa yang dimaksud dengan reduksi?
b.      Apa yang dimaksud dengan oksidasi?
c.       Apa yang dimaksud dengan elektroda?
d.      Apa yang dimaksud dengan anode?
e.       Apa yang dimaksud dengan katode?
3.   Penyepuhan merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mencegah proses pengkaratan (korosi) pada suatu logam.Gambarkanlah sebuah ilustrasi proses terjadinya pengkaratan pada sebatang besi! (skor 0-3)
4.   Coba amati barang-barang yang terbuat dari logam di sekitarmu. Kamu pasti menemukan adanya barang dari logam yang berkarat. Sebutkanlah lima barang di rumahmu yang mengalami proses pengkaratan!(skor 0-5)

Pada pertemuan kali ini kita akan mendesain percobaan penyepuhan besi dengan mengunakan tembaga. Perhatikan gambar rangkaian alat percobaan di bawah ini:
Gambar 2. Rangkaian alat percobaan penyepuhan besi oleh tembaga
Alat dan Bahan
Berdasarkan gambar rangkaian alat percobaan penyepuhan besi oleh tembaga di atas. Tentukanlah alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan penyepuhan besi oleh tembaga! (skor 0-5)
Tabel 1. Daftar alat dan bahan untuk percobaan penyepuhan besi oleh tembaga
No.
Nama Alat/Bahan
Jumlah
Keterangan








































Prosedur Percobaan
Berdasarkan tujuan percobaan dan gambar rangkaian alat (Gambar 23). Buatlah prosedur percobaan untuk praktikum penyepuhan besi oleh tembaga! (skor 0-10)
Tabel 2. Daftar alat dan bahan untuk percobaan penyepuhan besi oleh tembaga
No.
Prosedur Percobaan
Keselamatan Kerja










































Data Pengamatan
Tabel 3. Data pengamatan percobaan penyepuhan besi oleh tembaga (skor 0-5)
No.
Objek Pengamatan
Hasil Pengamatan
Keterangan








































 Kesimpulan
Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatan yang telah Anda lakukan! (skor 0-3)

Pertanyaan Post Lab.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.  Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan. Tuliskanlah reaksi yang terjadi pada: (skor 0-2)
a.       Katode
b.      Anode
2.  Berdasarkan pengamatan yang telah kamu lakukan. Gambarkanlah secara submikroskopik proses terjadinya penyepuhan pada besi? (skor 0-3)
3.  Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan. Prediksikan apa yang terjadi jika kita menukarkan elektroda tembaga menjadi katoda dan besi menjadi anoda! (skor 0-3)
4.  Sebutkan minimal tiga cara sederhana yang dapat digunakan untuk mencegah korosi dalam kehidupan sehari-hari! (skor 0-3)
2.   Berdasarkan pengamatan yang telah kamu lakukan. Gambarkanlah secara submikroskopik proses terjadinya penyepuhan pada besi? (skor 0-3)
3.    Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan. Prediksikan apa yang terjadi jika kita menukarkan elektroda tembaga menjadi katoda dan besi menjadi anoda! (skor 0-3)
4.   Sebutkan minimal tiga cara sederhana yang dapat digunakan untuk mencegah korosi dalam kehidupan sehari-hari! (skor 0-3)

1 komentar :

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat