Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit: 1 Juli 2014
Catatan: LKS bertipe semi open
Indikator
Percobaan
Setelah melakukan percobaan ini diharapkan
siswa dapat:
Kognitif
1.
Merancang percobaan penyepuhan besi oleh tembaga
2.
Menganalisis prinsip-prinsip penyepuhan besi oleh
tembaga
3.
Memberikan minimal tiga contoh aplikasi penyepuhan
dalam kehidupan sehari-hari
Psikomotorik
1.
Merangkai alat percobaan untuk penyepuhan besi oleh
tembaga
2.
Menimbang massa zat yang diperlukan untuk membuat
larutan
3.
Mengaduk larutan dengan benar
4.
Menghitung volum larutan di dalam labu ukur
5.
Mengocok larutan menggunakan labu ukur
Apektif
1.
Bekerjasama dalam merancang percobaan penyepuhan besi
oleh tembaga
2.
Disiplin ketika melaksanakan prosedur percobaan yang
telah dibuat
3.
Jujur ketika menuliskan data pengamatan hasil percobaan
Tujuan
Percobaan
1. Menjelaskan
kerugian yang ditimbulkan oleh proses korosi dengan menggunakan metode
pembelajaran group investigation
2. Menjelaskan
cara mencegah korosi dengan menggunakan metode
pembelajaran group investigation
3. Merancang percobaan destilasi air teh dengan
menggunakan metode pembelajaran group
investigation
4. Melakukan
percobaanuntuk menyepuh suatu logam dengan logam
lain
Pendahuluan
Bacalah wacana di bawah ini!
Penyepuhan Logam-logam yang Mudah Berkarat
Anda tentu pernah mengalami kekecewaan,
karena barang yang anda miliki rusak karena berkarat. Sepeda, hiasan, mainan,
alat dapur yang awalnya bersih menjadi rusak. Secara ekonomi, sangat besar biaya
yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki atau bahkan menganti barang-barang
yang berkarat.
Gambar 1. Rangkaian alat percobaan penyepuhan besi oleh tembaga
Proses perkaratan pada barang-barang dari
logam tersebut merupakan proses elektrokimia, dimana logam-logam tersebut
berinteraksi dengan zat-zat kimia yang ada di lingkungannya sehingga terjadi reaksi
redoks. Apakah proses elektrokimia selalu merugikan kita? Proses elektrokimia
yang tidak terkendalikan akan banyak merugikan kita. Tetapi perkembangan ilmu pengetahuan
telah berhasil mengendalikan proses elektrokimia. Anda tentu pernah menggunakan
barang-barang hasil proses elektrokimia. Baterai untuk menyalakan radio,
kalkulator, atau jam tanganmu merupakan barang yang menggunakan proses
elektrokimia. Contoh lain dari proses elektrokimia adalah pelapisan logam
dengan logam lain. Coba amati komponen dari sepeda yang putih mengkilap.
Komponen tersebut terbuat dari besi yang sudah dilapisi krom.Sekarang sudah
banyak barang-barang khususnya perhiasan yang berlapiskan perak atau
emas. Seperti halnya penyepuhan logam.
Pada pembelajaran tentang elektrolisis, Anda
mempelajari kegunaan dari elektrolisis tersebut. Diantaranya, elektrolisis dapat
digunakan untuk melapisi logam yang mudah berkarat dengan logam yang lebih
tahan terhadap perkaratan (korosi). Dalam kehidupan sehari-hari, perhiasan yang
bukan emas dilapisi dengan emas. Istilah yang sering digunakan disini adalah
penyepuhan.
Logam yang tidak mudah berkarat atau tahan
korosi ini diantaranya terdapat logam-logam yang tergolong mulia. Ingatkah Anda
logam apa saja yang tergolong logam mulia? Cu, Hg, Ag, Pt, dan Au. Ya, ada 6
logam tergolong mulia. Kaleng makanan adalah besi yang dilapisi timah putih. Walaupun
timah putih (Sn) memang tidak termasuk logam mulia, namun pada deret keaktifan
logam, harga potensialnya mendekati logam mulia. Jadi dapat dikatakan Sn agak mulia,
sukar mengalami oksidasi.
Pertanyaan
Pra Lab.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
singkat dan jelas! (skor 0-3)
1. Mari mengingat kembali pelajaran yang telah
kalian pelajari pada pertemuan sebelumnya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini:
a. Apa yang dimaksud dengan elektrokimia?
b. Apa yang dimaksud dengan sel volta?
c. Apa yang dimaksud dengan elektrolisis?
2. Penyepuhan merupakan salah satu aplikasi
dari konsep elektrolisis. Sebelum melakukan percobaan ada baiknya kita memahami
istilah-istilah yang berkaitan dengan elektrolisis. Cobalah jawab
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini: (skor 0-5)
a. Apa yang dimaksud dengan reduksi?
b. Apa yang dimaksud dengan oksidasi?
c. Apa yang dimaksud dengan elektroda?
d. Apa yang dimaksud dengan anode?
e. Apa yang dimaksud dengan katode?
3. Penyepuhan merupakan salah satu metode yang
digunakan untuk mencegah proses pengkaratan (korosi) pada suatu logam.Gambarkanlah
sebuah ilustrasi proses terjadinya pengkaratan pada sebatang besi! (skor 0-3)
4. Coba amati barang-barang yang terbuat dari
logam di sekitarmu. Kamu pasti menemukan adanya barang dari logam yang
berkarat. Sebutkanlah lima barang di rumahmu yang mengalami proses pengkaratan!(skor
0-5)
Pada pertemuan kali ini kita akan mendesain
percobaan penyepuhan besi dengan mengunakan tembaga. Perhatikan gambar
rangkaian alat percobaan di bawah ini:
Gambar 2. Rangkaian alat percobaan penyepuhan besi
oleh tembaga
Alat dan
Bahan
Berdasarkan gambar rangkaian alat percobaan
penyepuhan besi oleh tembaga di atas. Tentukanlah alat dan bahan yang
diperlukan untuk melakukan percobaan penyepuhan besi oleh tembaga! (skor 0-5)
Tabel 1. Daftar
alat dan bahan untuk percobaan penyepuhan besi oleh tembaga
No.
|
Nama Alat/Bahan
|
Jumlah
|
Keterangan
|
Prosedur
Percobaan
Berdasarkan tujuan percobaan dan gambar rangkaian
alat (Gambar 23). Buatlah prosedur percobaan untuk praktikum penyepuhan besi
oleh tembaga! (skor 0-10)
Tabel 2. Daftar
alat dan bahan untuk percobaan penyepuhan besi oleh tembaga
No.
|
Prosedur Percobaan
|
Keselamatan Kerja
|
Data
Pengamatan
Tabel 3. Data
pengamatan percobaan penyepuhan besi oleh tembaga (skor 0-5)
No.
|
Objek Pengamatan
|
Hasil Pengamatan
|
Keterangan
|
Kesimpulan
Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatan
yang telah Anda lakukan! (skor 0-3)
Pertanyaan
Post Lab.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
singkat dan jelas!
1. Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan.
Tuliskanlah reaksi yang terjadi pada: (skor 0-2)
a. Katode
b. Anode
2. Berdasarkan pengamatan yang telah kamu
lakukan. Gambarkanlah secara submikroskopik proses terjadinya penyepuhan pada
besi? (skor 0-3)
3. Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan.
Prediksikan apa yang terjadi jika kita menukarkan elektroda tembaga menjadi
katoda dan besi menjadi anoda! (skor 0-3)
4. Sebutkan minimal tiga cara
sederhana yang dapat digunakan untuk mencegah korosi dalam kehidupan
sehari-hari! (skor 0-3)
2. Berdasarkan pengamatan yang telah kamu
lakukan. Gambarkanlah secara submikroskopik proses terjadinya penyepuhan pada
besi? (skor 0-3)
3. Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan.
Prediksikan apa yang terjadi jika kita menukarkan elektroda tembaga menjadi
katoda dan besi menjadi anoda! (skor 0-3)
4. Sebutkan minimal tiga cara
sederhana yang dapat digunakan untuk mencegah korosi dalam kehidupan
sehari-hari! (skor 0-3)
ada kunci jawabannya kah?
BalasHapus