Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 15 Januari 2015

Air itu Termasuk Larutan Elektrolit atau Bukan?

Tanggal terbit: 15 Januari 2015

Pertanyaan:
Air itu Termasuk Larutan Elektrolit atau Bukan? Soalnya pas kemarin saya coba dialiri arus listrik ternyata dapat menyalakan lampu meskipun redup.

Jawaban:
Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kita samakan persepsi terlebih dahulu. Air apakah yang dimaksud? Air ledeng? Air sumur? Akuades? atau benar-benar air murni?

Kalau air ledeng dan air sumur sudah jelas mengandung zat terlarut, yang terionisasi. Sehingga dapat menghantarkan arus listrik. Nah, akuades itu bukanlah air murni. Akuades adalah air dengan zat terlarut yang jumlahnya sangat sedikit sekali. Jadi bukan benar-benar air murni. Makanya wajar sekali jika masih dapat menghantarkan arus listrik. Apalagi jika kita mengamatinya dengan menggunakan lampu LED. Pasti nyalanya akan terang.

Jawabannya sudah pasti. Air yang benar-benar murni bukanlah larutan elektrolit. Banyak orang yang terjebak, menganggap senyawa yang bersifat polar itu sebagai larutan elektrolit. Itu tidak tepat, karena tidak semua bersifat demikian. Masalah kita bukan pada polar atau non polarnya.

Pertanyaan Tambahan:
Misalkan pada air murni. Bukankah terjadi autoionisasi air menjadi molekul H+ dan OH-  yang masing-masing nilainya 10? Itu artinya terdapat ion dalam air murni yang dapat menghantarkan air?

Jawaban:
Betul sekali. Tetapi, Air murni mengalami kesetimbangan menghasilkan ion H+ dan ion OH-, sehingga air tdk pernah menghasilkan ion bebas yang bisa menghantarkan listrik. Jadi, air murni adalah zat non elektrolit.

Semoga puas dengan jawabannya!


Gambar Ilustrasi

2 komentar :

  1. Jawaban yang sangat pintar saya terkagum dengan jawaban anda!

    BalasHapus
  2. Penjelasannya sangat mudah dimengerti dan sangat jelas. Saya jadi terbantu memahami pelajaran saya. Terimakasih untuk penjelasannya!

    BalasHapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat