Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 07 Maret 2014

Cara Menghitung Molaritas Zat Cair dari Persen Massa

Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit: 7 Maret 2014

Pada saat melakukan praktikum, kadang kita mendapatkan hasil data pengamatan yang jauh berbeda dengan teori yang dipelajari. Hal ini sering sekali terjadi pada praktikum titrasi, penentuan kalor reaksi, dan praktikum-praktikum lainnya yang berhubungan dengan bahan kimia yang berbentuk larutan. Miskonsepsi ini timbul karena kita kadang terjebak dengan tulisan persen massa yang tercantum pada label bahan kimia yang berupa larutan. Beberapa diantaranya ada yang mempunyai persepsi salah mengenai molaritas larutan, seperti molaritas HCl adalah 12 M, molaritas H2SO4 adalah 14 M.
Gambar Ilustrasi

Kejadian di atas bisa kita hindari seandainya kita tahu bagaimana cara mencari molaritas dari persen massa. Di bawah ini akan diperlihatkan cara menghitung molaritas beberapa larutan yang diketahui persen massanya:

Menghitung molaritas berdasarkan persen massa. Pada label tertulis HCl 36% dengan volum 500 mL
Yang jadi permasalahan adalah kita harus menemukan berapa massa zat dari HCl tersebut berdasarkan rumus:  ρ = m/v, maka m = ρ x v. Jika kita masukkan ke dalam persamaan di atas maka:


Keterangan:
36/100 merupakan persen massa HCl yang 36%
500 mL merupakan volum (kemasan) untuk menentukan massa HCl sebenarnya
1,19 g/mL merupakan massa jenis HCl
36,5 merupakan massa jenis HCl
0,5 L merupakan volum (kemasan) HCl

Lalu bagaimana cara menghitung molaritas  untuk zat cair lainnya? Gampang, yang biasanya berubah pada perhitungan di atas adalah % massa, massa molar dan massa jenis zat cair karena biasanya untuk volum (kemasan) semua produsen bahan kimia selalu seragam.

Berikut saya berikan tabel massa jenis untuk beberapa zat cair:
No.
Nama Zat Cair
Massa Jenis (g/mL)
1
CH3COOH
1.049
2
H2SO4
1,84
3
NH3 (Cair)
1,251

2 komentar :

  1. pengen proses perhitungannya secara detail ga langsung ke hasil kaaa ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penurunan rumusnya bisa ditanyakan ke gurunya saja ya.
      Hehe...

      Hapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat