Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 10 Februari 2015

Apa Perbedaan Generator (Dinamo) dengan Motor Listrik?

Tanggal terbit: 10 Februari 2015

Miskonsepsi di Masyarakat

Sebelumnya mari kita luruskan dulu miskonsepsi (kesalahan) penggunaan kata Dynamo (atau dinamo) dan Motor yang ada di masyarakat. Karena banyak sekali yang salah penyebutan, bahkan lebih parahnya menganggap kedua benda ini sama.

Generator atau Dinamo adalah alat yang merubah energi gerak atau kinetik menjadi energi listrik. Contoh: dinamo sepeda, generator pada kincir angin, generator pada pembangkit listrik tenaga air, genset, dll
Gambar Dinamo Sepeda.

Motor adalah alat yang merubah energi listrik menjadi energi gerak. Contoh: motor penggerak pada kendaraan, mesin pompa air, kompresor, dll.
Gambar Mesin Pompa Air.

Perbedaan Antara Dinamo dengan Motor Listrik
1. Dinamo, atau Generator atau Genset.
Dinamo terdiri dari komponen kumparan (field coil) dan inti magnet yang disebut juga armature. Pada dinamo yang berputar adalah kumparan magnet, sedangkan inti magnetnya diam, maka akan terjadi induksi elektromagnetik. Perhatikan bagan dinamo sepeda di bawah ini untuk lebih jelasnya:
Gambar Bagan Dinamo Sepeda.

Prinsip kerjanya adalah jika kumparan kawat yang diputar mengelilingi suatu sumbu di dalam medan magnet dan sumbu putarnya tegak lurus fluks magnet kumparan ABCD diputar dengan kecepatan sudut tetap dengan arah ke kanan. Ujung-ujung kumparan di hubungkan dengan cincin logam (komutator) yang disingungkan dengan sikat-sikat dan di hubungkan ke kutub generator.

2. Motor Listrik.

Motor listrik terdiri dari komponen kumparan yang disebut stator dan inti magnet yang disebut rotor. Di Dinamo magnet itu yang berputar sedangkan kumparannya diam maka akan terjadi pemotongan garis gaya medan magnet. Perhatikan bagan motor listrik DC di bawah ini untuk lebih jelasnya:
Gambar Bagan Motor DC.

Prinsip kerjanya adalah medan putar stator tersebut akan mengimbas penghantar yang ada pada rotor, sehingga pada rotor timbul tegangan induksi. Tegangan yang terjadi pada rotor menyebabkan timbulnya arus pada penghantar rotor. Bila kopel mula yang dihasilkan oleh gaya pada rotor cukup besar untuk menanggung kopel beban, maka rotor akan berputar searah dengan medan putar stator. Supaya timbul tegangan induksi pada rotor, maka harus ada perbedaan relatif antara kecepatan medan putar stator dengan kecepatan putar rotor.

13 komentar :

  1. INFO HARGA & PRODUK:
    UD. BERKAH TEHNIK
    Komplek Saribumi Indah Blok D44 No.27
    Lippo Karawaci 15810 - Tangerang
    No Telp. 021-5984828
    No Fax. 021-5984828
    Pin BB. 32DADABC
    Whats App 0881-1644-753
    Email ud.berkahtehnik@gmail.com
    Website Https://ud-berkahteknik.simplesite.com

    BalasHapus
  2. INFO HARGA & PRODUK:
    UD. BERKAH TEHNIK
    Komplek Saribumi Indah Blok D44 No.27
    Lippo Karawaci 15810 - Tangerang
    No Telp. 021-5984828
    No Fax. 021-5984828
    Pin BB. 32DADABC
    Whats App 0881-1644-753
    Email ud.berkahtehnik@gmail.com
    Website Https://ud-berkahteknik.simplesite.com

    BalasHapus
  3. Plajaran yg bermanfaat buat saya terima kasih

    BalasHapus
  4. Apakah motor listrik penggerak pada sepeda listrik bisa dirubah menjadi dinamo penghasil listrik?

    BalasHapus
  5. Bgmana maksudnya itu om? Katanya pada dinamo kumparan magnet yg berputar? Padahal di gambarnya dinamo sepeda, kumparannya diam(atau jd stator) sdngkan inti magnet yg berputar(atau jd rotor)?

    BalasHapus
  6. Dinamo las di ubah menjadi Dinamo Ampere bisa bos

    BalasHapus
  7. banyak miss di penjelasannya..

    klo dilihat dr gambar,
    pada dinamo(generator) yg berputar adalah magnetnya, sedangkan kumparan diam. dan disinggungkan dengan 2 besi yg terlilit kumparan.

    sedangkan pada motor yg berputar adalah kumparannya, sedangkan magnetnya diam. dlu waktu kecil gw suka bongkar motor tamiya, jd yg gw tau kumparan berputar d tengah, di dinding motornya di tempel 2 magnet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul , saya juga memahaminya demikian. Tapi beberapa penjelasan kok terbalik ya?

      Hapus
    2. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid031anBayjo4QXjMqJCra4LM244PZ3ZjWtYFQR76U3b8r9C6aCP8zRTApChM6e8T2qYl&id=100000007548742&mibextid=Nif5oz

      Hapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat