Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 07 Oktober 2014

Mengapa Air Mendidih di Bawah Suhu 100 Derajat Celcius?

Tanggal terbit: 7 Oktober 2014
Catatan: Posting ini dibuat berdasarkan jawaban yang pernah saya buat terhadap pertanyaan netizen di sini (klik untuk selengkapnya)

Anda baru saja melakukan praktikum penentuan titik didih air dan kebingungan mengapa data pengamatan yang anda dapat menyatakan bahwa air mendidih di bawah suhu 1000C. Anda sampai bertanya-tanya: Apakah ini karena termometernya yang rusak? Mata anda yang kabur? Atau salah prosedur kerja?

Perlu anda ketahui, bahwa air memang mendidih pada suhu 1000CTetapi harus diingat bahwa titik didih air yang 1000C hanya akan terjadi jika diukur pada tekanan 1 atm. Tekanan 1 atm ini terjadi pada ketinggian 0 meter, atau sejajar dengan tingginya permukaan laut (contoh: di pantai). Dan jangan kaget ketika kamu mendapatkan air yang mendidih di bawah suhu 1000C. Itu karena tekanan lingkungan tempat kamu mendidihkan air tidak 1 atm. Jika kamu orang yang suka mendaki gunung kamu pasti tahu jika di gunung air mendidih di suhu 60-700C. Itu penjelasan sederhananya.

Penjelasan yang lebih rumit mengantarkan kita pada pengertian bahwa Mendidih terjadi karena tekanan uap jenuh larutan sama dengan tekanan luar.  Semakin atas, tekanan luar (lingkungan) semakin berkurang, sehingga hanya perlu suhu yang "lebih sedikit" agar tekanan uap larutan bisa sama dengan tekanan luar. Ingat bahwa suhu meningkatkan tekanan.

Air Mendidih


Grafik Hubungan Tekanan dengan Ketinggian

12 komentar :

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas tanggapannya. Semoga bermanfaat.
      ^_^

      Hapus
  2. Terima Kasih atas infonya..��

    BalasHapus
  3. Dapat ilmu baru nih^^
    Makasih ya gan infonya. :)

    BalasHapus
  4. Setelah mendengar penjelasan, saya cukup puas untuk menyeduh air untuk membuat kopi tubruk dengan suhu 90° celsiun saya tidak perlu beli teko yang ada pengatur suhu, cukup melihat saat air akan mendidih diperkirakan suhu sudah mencapai 90°celsius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih udh ngasih ciri2 air 90°celcius jd mudah mmbuat secangkir kopi hehe

      Hapus
  5. Mhon ijin mau tya..apakah air yang mendidih sudah 100 derajat..jika msih tetap dipanaskan..lalu bgaimana dengan keadaan suhunya?bertmbh tinggi tetal apa berkurang..mhon pncerahannya..terimaksih

    BalasHapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat