Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 08 Juli 2013

Cara Mengamati Reaksi Kimia

Tanggal terbit : 8 Juli 2013

Ciri dari terjadinya suatu reaksi kimia ada empat jenis, yaitu perubahan warna, perubahan suhu, timbulnya endapan dan timbulnya gas. Patut diingat jika tidak harus semua ciri tersebut muncul pada suatu reaksi kimia. Satu ciri saja  sudah cukup untuk emberitahu kita jika reaksi kimia sedang berlangsung.

1. Mengamati Perubahan Warna
Perubahan warna dapat kita amati dengan mudah, tapi jika warna yang dihasilkan bias maka kita bisa menggunakan bantuan jas lab warna putih untuk memudahkan kita dalam mengidentifikasi warna yang dihasilkan. Oleh alasan itu pula mengapa jas lab bagi orang kimia harus berwarna putih.


2. Mencium Gas
Pada saat melakukan pengamata terhadap gas yang ditimbulkan sebaiknya kita tidak terlalu berani menghirup gas yang terbentuk. Percayalah beberapa gas sangat merugikan kesehatan Anda jika terhirup terlalu banyak. Cara terbaik adalah dengan menghirup zat dari kejauhan, tetapi masih memungkinkan untuk hidung kita dapat mencium bau gas yang dihasilkan, lalu tangan kita mengibas-ngibaskan udara di sekitar tempat gas dihasilkan agar konsentrasi gas yang terhirup oleh hidung menjadi lebih sedikit.
3. Mengamati Endapan
Mengamati proses terjadinya endapan pada suatu reaksi kimia memang tergolong mudah. Tetapi jika endapan yang akan kita amati jumlahnya sedikit dan partikelnya sangat kecil tentulah kita akan mengalami kesulitan. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menyimpan alas atau kertas di bawah wadah yang sedang kita amati. Jika endapan berwarna terang maka kita dapat menaruh kertas gelap, dan jika warna endapan gelap maka kita bisa menaruh kertas terang sebagai alas.

4. Merasakan Perubahan Suhu
Kebanyakan siswa melakukan kesalahan yang cukup fatal ketika mengidentifikasi suhu dari suatu sampel. Beberapa diantaranya ada yang mencelupkan telunjuknya ke dalam sampel, tentu saja cara ini berbahaya. Cara yang paling mudah dan aman adalah dengan mendekatkan jari kita ke sampel dan tak perlu menyentuhnya. Jari kita cukup sensitif dalam merasakan perubahan suhu yang terjadi.

Catatan: Selengkapnya mengenai teknik dasar dalam praktikum klik link berikut: Teknik Dasar dalam Praktikum

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat