Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 08 Juli 2013

Cara Menimbang Zat

Tanggal terbit : 8 Juli 2013

Hal yang perlu kita perhatikan dalam melakukan proses penimbangan suatu zat adalah sebagai berikut:
  1. Kalibrasi terlebih dahulu neraca yang akan digunakan. Proses kalibrasi dilakukan dengan menggeser knop kalibrasi, jika masih belum seimbang maka bukalah baut yang terletak pada rumah beban. Keluarkan beban secukupnya sampai neraca dalam keadaan setimbang.
  2. Tempatkan kaca arloji atau kertas atau gelas kimia (untuk menimbang zat cair) atau alas lainnya yang dapat mempermudah kita dalam melakukan proses pengukuran. Jangan pernah langsung menimbang zat kimia padat pada wadah alumunium yang telah tersedia. Zat kimia padat dapat merusak wadah alumunium. Setelah alas diletakkan, geser beban pada lengan neraca sampai lengan neraca seimbang. Catat berapa massa dari alas yang telah ditimbang.
  3. Geser beban pada lengan neraca sesuai dengan massa yang ingin kita ukur. Lalu simpan zat yang akan kita ukur massanya pada alas di rumah beban. Perhatikan kesetimbangan pada jarum penunjuk nol. Jika simpangan atas dan simpang bawah jarum penunjuk angka nol hampir sama, pelankan penambahan zat yang akan ditimbang, Proses menimbang dihentikan ketika jarum penunjuk kesetimbangan tepat menunjuk angka nol. 
    Perhatian: geserlah beban di lengan neraca engan bantuan lidi, pinsil atau tusuk gigi. Jangan menggeser beban pada lengan neraca langsung dengan tangan karena dapat mengganggu kesetimbangan neraca. Selalu ingat agar tidak mengambil kembali zat dari alas jika kita kelebihan menambahkan massa zat, sebaiknya ulangi lagi pengukuran massa.
Gambar Neraca Empat Lengan/Neraca Analog/Neraca Ohaus

Catatan: Selengkapnya mengenai teknik dasar dalam praktikum klik link berikut: Teknik Dasar dalam Praktikum

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat