Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 17 Maret 2014

Administrasi Laboratorium: Daftar Alat dan Bahan Sesuai dengan LKS

Tanggal terbit: 17 Maret 2014

Pada tulisan sebelumnya saya sudah membahas mengenai SOP laboratorium IPA (kimia, fisika, biologi dan IPA terpadu) yang pernah saya buat. Tapi ada beberapa permintaan untuk membahas mengenai administrasi laboratorium secara spesifik dan menyeluruh. Wajar saja karena di SOP hanya memuat aturan-aturan dasar yang sebenarnya harus diterjemahkan lagi. 

Pada tulisan kali ini saya akan memberikan contoh pengisian format administrasi yang terdapat pada SOP yang telah saya buat. Tetapi saya akan membatasi ruang lingkup materi saya hanya ada administrasi laboratorium IPA. Sedangkan untuk masalah aturan pengkodean alat dan bahan di laboratorium IPA kan dibahas di tulisan selanjutnya.

Bagi yang belum sempat membaca SOP laboratorium IPA yang pernah saya buat silakan klik link berikut: SOP Pengelolaan Laboratorium IPA.

Secara standar terdapat 9 komponen administrasi laboratorium yang harus dipenuhi oleh pengurus lab IPA. Kesembilan komponen tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Laporan bulanan
Berikut saya berikan penjelasan dan contoh-contoh format penulisan untuk 9 komponen administrasi laboratorium yang dibagi ke dalam beberapa postingan. Perlu diperhatikan jika formatan yang saya buat ini bukanlah formatan baku, dan dibuat berdasarkan pengalaman yang saya alami dan prinsip efektifitas dan efisiensi.

9. Daftar Alat dan Bahan Sesuai dengan LKS

Keterangan:
No: diisi dengan no. urut dilaksanakannya praktikum
Judul Praktikum: diisi dengan judul praktikum
Nama Alat dan Bahan: diisi dengan nama alat dan bahan untuk melakukan praktikum
Jumlah: diisi dengan jumlah minimal alat dan bahan untuk jumlah kelompok ideal dalam jangka waktu satu tahun. Misalnya jumlah kelompok ideal untuk satu kelas adalah 6 kelompok.
Keterangan: diisi dengan tambahan informasi yang diperlukan
*Ditandatangani oleh laboran, ketua lab dan kepala sekolah

**Dilaporkan setiap awal semester


Contoh:

Aturan penggunaan daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS
  1. Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS berisi daftar alat yang dibutuhkan untuk melakukan sekali praktikum dalam satu kelas dalam periode tahun ajaran tertentu.
  2. Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS dibuat paling lambat seminggu sebelum hari pertama di tahun ajaran baru.
  3. Fungsi dari daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS adalah untuk memastikan agar alat dan bahan sudah tersedia jauh hari sebelum praktikum akan dilaksanakan. Fungsi lainnya sebagai landasan untuk pengajuan pembelian alat dan bahan laboratorium.
Ini merupakan komponen terakhir dari administrasi laboratorium. Untuk formatan administrasi lainnya silakan klik link ini:  Administrasi Laboratorium.

1 komentar :

  1. Saya baru memulai sebagai laboran di lab kimia dan saking banyaknya yang harus dikerjakan jadi bingung mana dulu administrasi yang harus dikerjakan. Terima kasih sudah posting artikel ini. Saya sangat terbantu dalam melengkapi administrasi lab tempat saya bekerja. Izin save dan mengikuti format Anda.

    BalasHapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat