Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 07 Maret 2014

Permainan Sains: Model Molekul (Molymod)

Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal Terbit: 7 Maret 2014


Apakah kamu pernah mengamati sebuah molekul, misalnya molekul air (H2O)?
Molekul terlalu kecil untuk diamati, bahkan bagi mikroskop dengan perbesaran 3000 kali lipat sekalipun. Cara yang paling efektif untuk memvisualisasikan molekul adalah dengan menggunakan model molekul atau sering juga disebut sebagai molymod. Nama molymod sebenarnya merupakan nama sebuah merk dagang, tetapi karena sudah familiar kita sering menyebut model molekul sebagai molymod.

Apa itu model molekul?
Model molekul biasanya terbuat  dari plastik berupa bola-bola yang dihubungkan oleh suatu batang penghubung. Bola tersebut bertindak sebagai suatu atom sedangkan batang penghubung sebagai ikatan. Bulatan mempunyai warna-warna yang berbeda untuk membedakan atom suatu unsur. Model molekul tersebut dapat dibongkar pasang sesuai dengan bentuk molekul yang diinginkan.

Model molekul  menunjukkan susunan tiga dimensional atom-atom dengan jelas dan cukup mudah untuk dibuat. Tetapi ukuran bola tidak sebanding dengan ukuran atom. Selain itu, panjang batang penghubung terlalu berlebihan untuk menunjukan jarak antar atom dalam molekul.

Bagaimana cara menggunakan model molekul?
Langkah pertama untuk menggunakan model molekul adalah dengan menuliskan rumus struktur suatu molekul atau senyawa. Setelah itu model molekul dapat kita rangkai mengacu pada rumus struktur yang kita buat. Dengan cara menghubungkan bola-bola dengan menggunakan jembatan penghubung.

Gambar Sistem Pewarnaan Model Molekul

Gambar Contoh Model Molekul

Catatan: untuk permainan sains yang lain silakan klik link berikut: Permainan Sains.

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat