Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 04 Juli 2014

7 Tips untuk Menjadi Guru Les Privat yang Keren

Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit: 4 Juli 2014

Gambar Ilustrasi


Menjadi guru les privat merupakan salah satu pekerjaan paling menyenangkan di dunia. Apalagi jika dibandingkan dengan guru kelas, setidaknya begitulah menurut saya.  Sejak kelas 1 SMA saya sudah menjadi guru les (selengkapnya baca di sini). Pengalaman saya sebagai guru les privat selama 7 tahun (usia 18-22 tahun mengajar),  memberikan saya pemahaman mengenai bagaimana caranya menjadi guru les privat. Berikut saya jelaskan kelebihan bekerja sebagai guru les privat:
  1. Peserta didik yang sedikit. Kebanyakan sebagai guru les privat kita hanya harus mengajar satu siswa. Ini hal yang sangat menyenangkan. Kita hanya harus memahami satu karakter siswa. Bandingkan dengan guru kelas yang harus memahami puluhan karakter siswa (30-50 siswa). Hal ini menentukan teknik mengajar yang kita lakukan.
  2. Bayaran yang Memuaskan. Mengajar satu orang anak dengan waktu 90 menit kita bisa mendapatkan bayaran 30-80 ribu. Bandingkan dengan gaji guru honorer di sekolah negeri yang rata-rata dibayar 9-15 ribu/pertemuan. Makanya bidang pekerjaan ini sangat laris di mata para mahasiswa.
  3. Makan gratis. Ini nih momen yang paling menyenangkan sebagai guru les privat. Setelah mengajar sering sekali kita disuruh makan atau pada saat ngajar sering sekali sudah disediakan cemilan. Jangan ragu, jangan jaim, itu rezeki. Wajib diterima. Tuan rumah malah senang jika makanan yang disajikan dicicipi dan disantap dengan lahap.
  4. Tidak perlu track record. Modal jagi guru les hanya dua, kesempatan dan nekat.
  5. Kerjaan nyantai kayak di pantai. Hampir saya pastikan bahwa guru les privat kebanyakan berperan sebagai teman curhat dibandingkan menjadi benar-benar "guru". Nyantai kan? dari 90 menit waktu tatap muka, alokasi waktu curhat bisa mencapai 30-90 menit. Kita juga tidak harus dibebani untuk membuat RPP, standar penilaian, dll.
Tapi apakah akan terus begini? Tidak merasa berdosa? Mengajar seadanya, sedangkan uang yang didapatkan dengan mudah kita belanjakan. Mari move on, kita ingin dunia pendidikan menjadi lebih baik kan? Kita benci kan melihat berita tentang pencurian dan korupsi? Lalu apa bedanya kita dengan pencuri dan koruptor bila tidak menjalankan fungsi dan tugas kita dengan baik dan benar?

Berikut tips-tips yang dapat saya berikan agar kita menjadi guru les privat yang keren. Disukai siswa, dicintai orang tua siswa dan bakalan kebanjiran pekerjaan.

1. Jaga Penampilan
Penampilan adalah hal pertama yang harus kita perhatikan. Apalagi pada hari pertama mau mengajar. Ingatlah bahwa "kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda". Memang harus diakui jika pakaian mahasiswa yang layak pakai dan sopan bisa dihitung dengan jari, tapi usahakanlah menggunakan pakaian yang pantas dan memantaskan diri.

Coba mandi dahulu sebelum mengajar, pakai pakaian yang bersih, sisir rapi, dan pakai minyak wangi. Tapi harus diingat juga jangan sampai terlalu banyak menggunakan minyak wanginya. Bisa-bisa dianggap bukan mau mengajar, tapi dikira mau nonton dangdutan. Selain itu wangi parfum yang berlebihan bisa mengganggu konsentrasi siswa dalam belajar.
Gambar Ilustrasi Penampilan yang Tidak Rapih

2. Siapkan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran
Kakak-kakak semua, ini bukan zamannya harimau bergigi pedang. Ini abad dimana guru dituntut harus tampil menyenangkan. Pada beberapa kesempatan untuk menunjukkan hal yang unik kadang saya menyiapkan topik materi yang disusun seperti sebuah lawakan, sehingga saya mengajar dengan gaya stand up comedy. Apakah ini gila? iya gila. Tapi lebih baik dianggap gila daripada diam saja dan tak melakukan perubahan apapun.

Sehari sebelumnya atau 1-2 jam sebelum ngajar coba buat sketsa pembelajaran yang akan kamu lakukan. Jangan jadi guru-guru yang biasa saja. Guru yang biasa saja sudah banyak, jadilah guru yang dapat menginspirasi.

Lalu sesekali coba lakukanlah praktikum ketika mengajar. Nggak susah kok. Kita pakai saja alat-alat dan bahan yang terdapat di rumahnya, yang penting ada kemauan. Malah bisa juga diajak masak bareng, diajak memelihara ikan hias untuk mempelajari mahluk hidup, dll.
Gambar Piramida Terbalik Dale

3. Mulai Pembelajaran dengan Doa dan Curhat
Waduh ngeyel ini! Kok harus curhat-curhatan? Ya tidak ada larangannya kan? Sekalian kita juga bisa curcol. Mulailah kegiatan pembelajaran dengan kegiatan berdoa bersama. Lalu tanyakan dulu apa yang telah dilakukannya di sekolah hari ini? Bagaimana keadaan pacarnya? Ada hal menarik apa di sekolah? dll. Biarkan dia merasa anda adalah temannya yang nyaman dan dapat dipercaya.

Pada pertemuan pertama mungkin anda tidak bisa memaksanya untuk curhat terlebih dahulu. Cobalah pancing kemampuan dia dalam berbicara dan berpendapat. Mulailah ceritakan diri anda sendiri, ceritakan hal lucu yang pernah anda alami, atau ceritakan bagaimana masa lalu kalian secara jujur. Jangan sampai dia lebih suka curhat atau bahkan mengumpat di media sosial, karena itu tidak akan menyelesaikan masalah. Malah membuat penilaian orang lain terhadap siswa anda akan semakin buruk.
Gambar Ilustrasi Stop Curhat di Medsos

4. Anda adalah Teman Belajar, Bukan Guru Kelas
Ayolah kawan, sadarlah. Jangan terlalu idealis, sampai-sampai kamu juga ikut-ikutan memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk murid kamu. Mereka sudah stres dengan jadwal les musik, bimbingan belajar, tugas sekolah yang menumpuk. Lalu mengapa kamu harus ikut-ikutan menambah beban mereka?

Sebenarnya seorang guru les privat bukanlah benar-benar seorang guru. Tugas utama guru les privat  adalah sebagai teman belajar siswa. Kamu harus menjadi orang yang paling mengerti kebutuhan siswa akan pendidikan, paling mengerti akan kesulitannya dalam pembelajaran dan paling mengerti dalam masalah pergaulannya di sekolah.

Ingat, kamu adalah temannya, bukan juga orang tuanya. Jadi tak perlu marah atau pun menunjukkan muka kesal jika siswa kamu mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Be calm, namanya juga belajar. Belajar itu proses. Tuhan juga tidak mewajibkan manusia mendapatkan nilai bagus dalam pembelajaran.
Gambar Ilustrasi Teman Belajar

5. Tanamkan Sikap Moral dan Bangun Karakternya
Apa tujuan kita jadi guru les privat dia? Ingin membuat dia pintar? Ingin membuat dia dapat nilai bagus? Kakak-kakak semua, anak pintar sekarang itu sudah banyak di Indonesia, yang dibutuhkan sekarang itu siswa yang jujur, terbuka, pantang menyerah dan ramah. Bentuk karakternya, itu yang susah. Kalau mau dapat nilai bagus gampang, suruh saja menghapal dan mengerjakan soal-soal latihan. Pasti hasilnya akan bagus. Pakai sistem kebut semalam saja bisa. Tapi untuk membentuk karakter, akan memerlukan waktu yang lama. Bertahun-tahun.

Cobalah tunjukkan sikap yang terpuji, jangan pernah telihat cemberut di depan siswa. Jadilah aktor yang baik. Selalu tersenyum, memberi semangat dan memuji. Jika dia salah berikan koreksi yang lembut dan sesuai dengan karakternya.

Saya sering sekali menceritakan kisah nabi, abu nawas atau mendongeng singkat untuk menanamkan sikap terpuji pada siswa saya. Kadang pada saat curhat juga kita harus mengarahkan pemikiran siswa untuk mendapatkan solusi yang baik.
Gambar Pendidikan Karakter

6. Belajar Jangan Hanya Dirumahnya
Siswa tidak semangat dalam belajar? Tidak mau memperhatikan? Selalu melamun? Coba deh ajak belajar di taman, di kampus kamu atau di kafe. Dinding-dinding rumahlah yang kadang menjadi pembatas pemikiran siswa. Dia sudah jenuh dengan lingkungan berdinding tebal setiap harinya. Buatlah suatu solusi lingkungan pembelajaran. Saya pastikan cara ini sangat efektif sekali. Pengamatan saya menunjukkan daya konsentrasi dan ketenangan pemikiran siswa bertambah kuat ketika belajar di luar rumah/kamar.
Gambar Ilustrasi

7. Beri Dia Penghargaan
Coba beri dia penghargaan kalau mendapat nilai bagus atau setelah melakukan hal terpuji seperti es krim atau nonton bioskop. Begitu juga ketika dia ulang tahun jangan lupa untuk memberi kado dan mendoakannya. Hal ini dilakukan agar ikatan batin antara guru dan siswa semakin menguat.

Gambar Ilustrasi Menonton Bioskop

24 komentar :

  1. Setuju banget pas bagian makan,he,,
    Request artikel tentang cara menghadapi anak yang pendiam a.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk anak yang pendiam nanti ya, sabar. Untuk membuat satu artikel biasanya memakan waktu hampir 2 jam.

      Hapus
  2. nomer 6 ane suka banget.. suasana fresh untuk belajar juga mempengaruhi mood.

    BalasHapus
  3. cara mengajar anak kelas 1 mi yang belum bisa membaca, gmn mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya saya belum kompeten untuk memberikan saran mengenai cara mengajarkan siswa kelas 1 MI untuk membaca karena saya belum mempunyai pengalaman akan hal itu.
      Mohon maaf.

      Hapus
  4. ini adalah pekerjaan yang menyenagkan,,,, pekerjaannya benar2 santai dan menyenangkan,hheeheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul, terlalu sangat amat menyenangkan malahan.

      Hapus
  5. kalau anaknya lebih pandai n lebih menonjol dari anak2 yang lain trus gmn? tpi orang tuanya pengen anknya diberi pelajaran tambahan,.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bagus. Itu artinya mengembangkan potensi yang sudah ada. Wajib didukung walaupun sebenarnya akan cukup merepotkan.

      Hapus
  6. Klo anaknya malas"malasan gmn mba ?
    Kdang gk mau ngaji dan ujung"ujungnya naaangisss...
    Anaknya bru TK umurnya udh mau msuk 5 thun. Mohon solusinya yaaaah. Trims ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ajak belajarnya jangan sendirian. Biasanya anak seperti itu harus ada teman belajar.

      Hapus
  7. Wkwk, niat banget kak bikinnya, ilustrasi lengkap! :thumbs:

    BalasHapus
  8. Kalau beda kepercayaan gimana ya pak? Saya jadi takut salah bicara. Nanti saya cerita abu nawas dia ngga ngerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah beberapa kali mengajar siswa yang berbeda kepercayaan. Menurut saya tidak ada masalah jika saudari Marisa ingin menceritakan masalah Abu Nawas. Selama itu tidak bermaksud untuk merendahkan agama mereka dan menunjukkan bahwa agama kita yang paling benar.

      Hapus
  9. Kak bagaimana jika mereka tidak ad pr.. Lalu saya bingung mw kasih materi ap.. Mhon d balas ykk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak hal menarik yang bisa dilakukan ketika tidak ada PR, seperti mengerjakan soal-soal materi selanjutnya yang belum diajarkan oleh gurunya di kelas.

      Bisa juga memperkuat kemampuan dasarnya seperti mengisi TTS, psikotes, menghapal perkalian, tes kepribadian, dll.

      Banyak sekali yang bisa kita lakukan, jangan terlalu terpaku pada satu variabel yang kaku.

      Hapus
  10. Nice post :) bermanfaat sekali buat saya yang mau coba ngajar privat

    BalasHapus
  11. http://www.loveteachblog.com/2017/12/4-things-that-happened-this-semester.html?showComment=1537945298681#c4066437519510854764


    Search engine optimization (SEO) or Indonesian SEO is the process of influencing the visibility of websites or web pages in search engine results - often referred to as "natural", "organic" or "earned" results. In general, the earlier (or rank higher on search results pages), and more often sites appear in the list of search results, the more visitors will receive from search engine users, and these visitors can be converted to customers.

    SEO can target various types of searches, including image search, local search, video search, academic search, news search and industry-specific vertical search engines.

    Indonesian SEO

    Specialist SEO.com is an Indonesian SEO Service launched in 2011 when search engines were in the early stages of developing their algorithms, Google was a big company that was very promising. Search engine optimization (SEO) has a completely different meaning. Since then many things have changed and internet marketing has become a necessity for every company that wants to survive in the online world competitively.

    Specialist SEO Indonesia SEO Services deal with Web Marketing technology from the start. After hours of research and development, trial and error, we can now offer the most reliable solutions in the world of Digital Marketing.

    Indonesian SEO Service

    You can chat, video call, phone, view photos, have fun, and even meet!
    online datingsite, online dating indonesia, free online dating, best online dating site free, online dating app, online dating terbaik, dating online chat, situs online dating, free dating sites without payment, dating online with video call, dating, meet me, meet, people nearby, soulmate, heart, online dating apps, free online dating, video call, audio chat, find your partner, setipe, skout, flurv, bigo live, Tinder, OkCupid, Hookup, BeeTalk
    online dating site

    BalasHapus
  12. happydomino is also the best and trusted Online Domino Poker site in Indonesia which has been proven by reputation and gained the trust of International Online gambling. Both the review of reputable poker sites and the quality of the games we provide do not need to be doubted. By providing the best service and providing assistance that is not complicated and we will provide an explanation that is as easy as possible so that you can easily understand it. We also provide playing tips and tricks so you can easily win in the best online gambling agent games in Indonesia. happydomino is guaranteed to be the fair play 100% online gambling site. There are no Robots in pure games Member vs Member. Our site is also equipped with the most sophisticated security system that is always updated on online gambling issues.

    poker online

    ทางเข้า sbobet , สำหรับลูกค้าท่านทีต้องการฝากเงินตั่งแต่ 100.000 บาท ต่อรายการ กรุณาติดต่อสอบถามฝ่ายลูกค้าสัมพันธ์ก่อนทำรายการโอนเงินทุกครั้ง กรุณาติดต่อเราผ่านไลน์แชท หรือแชทสดหน้าเวบไซต์ ลูกค้าสามารถทำการสมัครสมาชิกผ่านหน้าเวบไซต์ หรือ ติดต่อเราผ่านไลน์แชท หรือแชทสดหน้าเวบไซต์ เราคือผู้ให้บริการพนันออนไลน์ ผ่านมือถือที่สะดวก รวดเร็ว ฝาก-ถอนภายใน 5 นาที ตลอด 24 ชั่วโมง WWW.HUAITHAI99.COM
    ทางเข้า sbobet

    jdk88.id/ is the jadwal bola, first trusted online betting agent in Indonesia that provides live baccarat, roulette and sicbo online services. Giving customer satisfaction and serving better than others.
    Always determined to be able to serve customers better. Trying to remain a Soccer Agent, Casino Agent, the best and most trusted Online Betting in Indonesia
    Jadwal bola

    caramenangjudi.online IS A LEADING ONLINE BALL AND TITLE AGENT. WE ARE LOOKING FOR PREDICATES AS SUPER MASTER AFFILIATE AGENTS FROM VARIOUS FAMOUS ONLINE BALL AND TITLE BETWEEN WORKERS IN THE WORLD. NOW WE SERVE MORE THAN THOUSANDS OF ACTIVE MEMBERS.

    agen bola

    Onekartu is a trusted online poker agent Site. Original Money Poker uses IDNPlay servers that are 100% proven trusted and fairplay. Deposit and Withdraw Process in Crotqq start from 10 thousand rupiah and with fast and safe process. Customer Service Crotqq is available 24 hours to help you if you are having problems. onekartu.net is always trying to become a trusted online poker agent for those of you who want a Fairplay Poker game.

    poker uang asli

    TRUSTED !! POKER ONLINE | POKER AGENT | ORIGINAL MONEY POKER SITE
    RELIABLE MurniPoker Online Poker Site Category that provides poker games for real money, Ceme Online, and Domino Online
    This Site Is Engaged in Online Gambling.
    ENJOY THE BIGGEST BONUS SENSATION IN MURNIPOKER
    MurniPoker is the most attractive Poker Gambling site and many enthusiasts of Lapak303 online poker lovers.
    By ensuring the game is fairplay and has sophisticated technology, games are provided like
    Dominoqq, Capsa Susun and many others, we have become one of the best and trusted in Indonesia
    plus more available Ceme Online million rupiah jackpot that you can win every day.

    Poker Online

    BalasHapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat