Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 07 Oktober 2014

Apa Perbedaan Mendidih dan Menguap?

Tanggal terbit: 7 Oktober 2014
Catatan: Posting ini dibuat berdasarkan jawaban yang pernah saya buat terhadap pertanyaan netizen di sini (klik untuk selengkapnya)

Banyak orang yang menyangka mendidih dan menguap itu sama. Ini kesalahan besar. Keduanya berbeda. Air yang menguap belum tentu mendidih, tetapi air yang mendidih sudah pasti menguap. Bingung kan? Berikut penjelasannya secara sederhana:

Mendidih 
1. Air atau cairan lainnya akan mendidih jika telah mencapai titik didihnya. Khusus untuk air akan mendidih pada suhu 1000C pada tekanan 1 atm. Tekanan 1 atm ini terjadi pada ketinggian 0 meter, atau sejajar dengan tingginya permukaan laut (contoh: di pantai). Tapi jangan kaget ketika kamu mendapatkan air yang mendidih di bawah suhu 1000C. Itu karena tekanan lingkungan tempat kamu mendidihkan air tidak 1 atm. Jika kamu orang yang suka mendaki gunung kamu pasti tahu jika di gunung air mendidih di suhu 60-700C.

2. Mendidih terjadi pada seluruh bagian (volume) dari zat cair. Jadi meskipun yang kamu lihat mendidih itu berupa letupan-letupan saja, tetapi sebenarnya seluruh bagian air mendidih. Coba deh mendidihkan air pakai panci kaca. Pasti kelihatan proses perputaran air pada saat mendidih karena telah terjadi konveksi panas.

3. Penjelasan nomor 3 sedikit rumit. Jika kamu sudah jadi mahasiswa nanti pasti bisa memahami penjelasan di nomor ini. Mendidih terjadi karena tekanan uap jenuh larutan sama dengan tekanan luar.


Air Mendidih pada Seluruh Bagian

Menguap
1. Menguap bisa terjadi pada suhu berapapun. Termasuk di bawah titik didih. Contohnya pada saat kamu menjemur pakaian. Lama-kelamaan pakaian itu kering kan? Pakain tersebut bisa kering bukan hanya karena terkena panas matahari, melainkan karena adanya angin.

2. Proses penguapan hanya terjadi pada bagian permukaan zat cair. Contohnya ada pada genangan air. Bagian yang menguap dari genangan air pasti bagian permukaan air terlebih dahulu.

3. Penjelasan nomor 3 sedikit rumit. Jika kamu sudah jadi mahasiswa nanti pasti bisa memahami penjelasan di nomor ini. Pengupan bisa terjadi pada saat tekanan uap jenuh larutan lebih kecil daripada tekanan luar.



Contoh Penguapan

2 komentar :

  1. Balasan
    1. Iya sama-sama...
      Semoga bermanfaat... Eh, ngomong-ngomong sebenarnya saya adalah seorang pria..
      ^_^

      Hapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat