Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 03 Oktober 2014

Mengapa Gula Lebih Cepat Larut di Dalam Air Panas Dibandingkan di Air Dingin?

Tanggal terbit: 3 Oktober 2014
Catatan: Posting ini dibuat berdasarkan jawaban yang pernah saya buat terhadap pertanyaan netizen di sini (klik untuk selengkapnya)

Saya akan berusaha menjawab.

Gula lebih mudah larut di dalam air panas karena di dalam air panas terdapat lebih banyak kalor (energi panas), sehingga meningkatkan energi kinetik partikel. Partikel pelarut, dalam ini air pada keadaan panas akan semakin cepat. Karena energi kinetik partikel bertambah maka gula menjadi lebih mudah tersolvasi (terlarut).

Hal ini sama seperti kamu sedang berada di dalam ruangan yang bersuhu tinggi (panas). Kamu pasti tidak mau diam karena kepanasan. Berbeda jauh ketika kamu ada di tempat dingin, kamu pasti akan menggigil kedinginan dan malas untuk bergerak.

Gambar Ilustrasi

Anda juga dapat mengajukan pertanyaan seputar sains, pendidikan, gaya hidup dan juga cinta ke www.RofaYuliaAzhar.com dengan cara mengirim email ke rofa_neutron1990@yahoo.co.id.
Pertanyaan anda Insya Allah akan secepatnya dibalas.

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat