Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 10 Februari 2015

Cara Membuat NaI (Sodium Iodide atau Natrium Iodida)

Tanggal terbit: 10 Februari 2015

Natrium iodida atau sodium iodide adalah garam kristal berwarna putih dengan rumus kimia NaI, dan digunakan dalam deteksi radiasi, pengobatan defisiensi yodium, dan sebagai reaktan dalam reaksi Finkelstein.


Sodium iodida sama baiknya dengan kalium iodida, umumnya digunakan untuk mengobati dan mencegah defisiensi yodium. Garam meja beryodium berisi satu bagian natrium atau kalium iodida 100.000 bagian natrium klorida.

Natrium Iodida dalam bentuk murni sangat sulit didapatkan di toko bahan kimia, terutama di Indonesia. Sehingga perlu sedikit pengetahuan dan kreativitas untuk membuat natrium iodida sendiri.


Gambar Serbuk Kristal Natrium Iodida

Prosedur Pembuatan Natrium Iodida
  1. Larutkan 6 gram Natrium Hidroksida (NaOH) ke dalam air sampai 100 mL di dalam erlenmeyer. Kocok sampai larut dengan sempurna.
  2. Letakkan erlenmeyer yang berisi larutan NaOH tadi di atas hot plate atau kompor listrik atau bisa juga menggunakan pembakar spiritus. Panaskan sampai suhu 70oC. Jaga suhu agar tetap konstan.
  3. Masukkan 9 gram Iodin (I2) ke dalam erlenmeyer sedikit demi sedikit. Warna larutan akan berubah menjadi coklat. Panaskan terus di suhu 70oC sampai warna coklat dari iodin menghilang.
  4. Sampai tahap ini anda telah berhasil membuat larutan Natrium Iodida dalam wujud larutan. Jika anda ingin natrium iodida dalam bentuk serbuk, maka didihkan larutan yang telah anda buat sampai terbentuk padatan kristal.
  5. Untuk membantu proses pembuatan natrium iodida silakan lihat video pembuatannya yang dilampirkan dalam tulisan ini.
Catatan:
Iodin merupakan bahan kimia yang mahal harganya. Bisa diganti dengan Kalium Iodida atau menggunakan Betadine (merek antiseptik, kadar iodinnya 2% dalam setiap botol). Sesuaikan kembali perhitungan jika akan menggunakan kedua bahan kimia ini sesuai persamaan reaksinya.

Video Pembuatan Natrium Iodida

1 komentar :

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat