Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 07 Agustus 2015

Bayi Baru itu Bernama Osmium

Tanggal terbit: 7 Agustus 2015

Sekita dua bulan yang lalu teman dekat saya yang bernama Samadin datang ke kosan. Saya kira hanya berkunjung biasa, ternyata ini lebih serius lagi. Sebenarnya entah kebetulan atau memang takdir, karena saya memang sudah punya feeling bahwa ini akan terjadi: sebuah ajakan untuk berbisnis.


Setelah prolog yang cukup panjang, sepanjang jalan kenangan. Sesuai dengan perkiraan, akhirnya Samadin mengutarakan maksud yang sebenarnya untuk mengajak berbisnis. Tapi satu hal yang cukup lucu, dia pun tidak tahu mau berbisnis apa. Tapi tak apa, yang penting niat dulu, biasanya ide akan mengikuti nantinya.


Setelah berdiskusi panjang dikali lebar akhirnya tercetuslah ide untuk memproduksi sepatu wanita kelas menengah. Ini bisa dibilang pilihan tepat karena Samadin sudah cukup berpengalaman di bidang ini. Selain itu salah satu calon pemodal kami, yang bernama Wildan juga cukup bersahabat karib dengan bidang fashion wanita.


Tidak ingin membuang waktu, maka hal yang pertama saya kerjakan adalah mencari nama produk baru ini. Asalnya akan menggunakan bahasa Italia, seperti bellissimo (indah) atau jelita (delicato). Kemudian sempat juga berpikir menggunakan bahasa Swahili, Ibrani dan bahasa asing lainnya.


Setelah cukup banyak mendapatkan referensi, sambil merenung, saya ingat tentang basic saya sebagai orang kimia. Lekas saya membuka tabel periodik unsur. Saya lapalkan satu per satu nama yang ada. Saya mencari nama yang feminim dan mudah dilafalkan.


Bingo!

Osmium nama yang indah. Apakah anda sependapat dengan saya? Lalu saya mulai berpikir menganai lambang yang cocok untuk nama ini. Beruntung sekali nama osmium diawali dengan huruf "O". Sebuah bentuk bangun datar yang paling kuno di muka bumi ini, tetapi lebih dari itu, juga terlihat sederhana namun tidak miskin.

Lalu saya berusaha menghubungkan nama osmium, bentuk lingkaran dan juga tagline kami berupa fun, simple and fashionable. Akhirnya lahirlah bayi pertama dari ide bisnis ini. Ya! Sebuah lambang untuk osmium yang modern, simple, fun dan fashionable.


Lalu saya juga menyadari, orang-orang yang akan saya ajak berkerjasama pasti banyak yang akan mempertanyakan makna lambang ini. Lalu dengan sesuka hati saya mencoba memasukkan filosofi yang ada pada lambang osmium. Maksa sebenernya!


Tapi inilah saya, makna sebuah logo atau lambang itu sebenarnya hanyalah aspek pembenaran dari sang pembuat. Hanya sebuah kesepakatan saja. Tak lebih, yang paling penting adalah bagaimana cara kita menempatkan logo tersebut. Sebagai sebuah visi kah? atau hanya sebagi penghias produk belaka.



Makna Logo: 

  • Lingkaran: Bentuk lingkaran cenderung memproyeksikan pesan emosional yang positif, menggambarkan adanya kesatuan dan stabilitas. Lingkaran memiliki simetri lipat dan simetri putar yang tidak terbatas, yang dapat mewakili mimpi dan keinginan manusia yang juga tidak terbatas. Selain itu, lingkaran merupakan salah satu bentuk bangun datar tertua, kesederhanaan bentuknyalah yang menyebabkan lingkaran masih eksis digunakan sampai sekarang. Sama seperti filosofi produk yang kami jual: Simple. 
  • Lima warna penyusun lingkaran: Lima warna penyusun lingkaran menggambarkan filosofi kami yang selalu ingin menyediakan produk yang fun, fashionable dan beragam sehingga dapat menjangkau berbagai tingkatan konsumen.

Nama Osmium:

Osmium diambil dari nama unsur kimia dengan nomor atom 76, dengan lambang unsur Os. Osmium berasal dari kata osme yang dalam bahasa yunani berarti "bau" dan ium yang berarti logam. Osmium biasanya berperan sebagai residu yang ditemukan pada platina. Dinamakan "bau" karena pada saat ditemukan tercium "bau" asap dari proses oksidasi osmium tetraoksida. Sama seperti logam osmium, filosofi kami adalah agar produk yang kami produksi dapat segera tersebar dan tercium dengan cepat oleh masyarakat luas.

3 komentar :

  1. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya.
      Silakan di share. Terima kasih sudah membantu.

      Hapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat