Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 06 Juli 2012

Penyebab Lubang Pada Gigi

Oleh                   : Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit      : 6 Juni 2012
Sumber               : Dikutif dari berbagai sumber dengan perubahan seperlunya


      Sewaktu kecil kita sering kali diperingatkan oleh orang tua agar tidak banyak makan-makanan yang manis-manis karena dapat menyebabkan gigi berlubang yang pada akhirnya menyebabkan sakit gigi yang tak tertahankan. Lubang gigi sebenarnya disebabkan oleh beberapa tipe dari bakteri penghasil asam yang dapat merusak karena reaksi fermentasi karbohidrat termasuk sukrosa, fruktosa, dan glukosa. 
      Asam yang diproduksi tersebut memengaruhi mineral gigi, terutama kalsium yang merupakan bahan penyusun lapisan luar gigi sehingga menjadi sensitif pada pH rendah. Sebuah gigi akan mengalami demineralisasi (pengurangan kadar mineral) dan remineralisasi (penambahan kadar mineral). Ketika pH turun menjadi di bawah 5,5, proses demineralisasi menjadi lebih cepat dari remineralisasi. Hal ini menyebabkan lebih banyak mineral gigi khususnya kalsium yang luluh dan terlarut sehingga membuat lubang pada gigi.

Gambar Ilustrasi Lubang pada Gigi

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat