Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 25 September 2012

Tiga Level Representasi: Makroskopik, Submikroskopik dan Simbolik

Oleh                  : Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit   : 25 September 2012


Johnstone (dalam Chittlebourough & Treagust, 2007:274-275) menjelaskan jika ada tiga level representasi yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari ilmu kimia. Ketiga level representasi ini mutlak dikuasai siswa agar dapat memahami ilmu kimia secara mendalam dan menyeluruh. Adapun ketiga level represtasi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Representasi makroskopik, merupakan level representasi kimia yang diperoleh melalui observasi dari fenomena yang dapat dilihat (terlihat) dan dirasakan oleh indera atau bisa menjadi pengalaman sehari-hari peserta didik. Sifat dari representasi makroskopik adalah nyata. Sebagai contoh: warna dan perubahan suhu, pH, pembentukan gas dan presipitat dalam reaksi kimia yang dapat mengamati ketika reaksi kimia berlangsung. Pelajar bisa mewakili pengamatan atau kegiatan laboratorium diberbagai mode representasi, misalnya sebagai laporan tertulis, diskusi, presentasi verbal, diagram vee, grafik dan sebagainya.
  2. Representasi submikroskopik, merupakan level representasi yang memberikan penjelasan pada tingkat partikulat. Submikroskopik erat kaitannya dengan model teoritis yang mendasari penjelasan dinamika tingkat partikel (atom, molekul, dan ion). Mode representasi pada tingkat ini dapat mengekspresikan mulai dari yang sederhana misalnya menggunakan teknologi komputer, menggunakan kata-kata, gambar dua dimensi, gambar tiga dimensi baik diam maupun bergerak (animasi) atau simulasi.
  3. Level simbolik (atau ikon) representasi adalah representasi untuk mengidentifikasi entitas (misalnya zat-zat yang terlibat dalam reaksi kimia) dengan menggunakan bahasa simbolis kualitatif dan kuantitatif, seperti rumus kimia, diagram, gambar, persamaan, stoikiometri, dan perhitungan matematis.
                                                                                                                                  (Farida et al., 2010)
 Gambar Ilustrasi Sulitnya Memahami



Daftar Pustaka

Chittleborough G. & Treagust D. F. 2007. The Modelling Ability Of Non-Major Chemistry Students And Their Understanding Of The Sub-Microscopic Level. Chemistry Education Research and Practice. 8, 274-292.

Farida Ch, Ida, Liliasari, H., Dwi, Widyantoro, & Sopandi, Wahyu. 2010. Representational Competence’s Profile of Pre-Service Chemistry Teachers In Chemical Problem Solving. Tersedia (online): http://faridach.wordpress.com/2010/11/01/representational-competence’s-profile-of-pre-service-chemistry-teachers-in-chemical-problem-solving/ [diakses 10 Juli 2012]

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat