Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 26 September 2013

Menyepuh Paku dengan Tembaga

Oleh : Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit : 19 September 2013


Pendahuluan
Anda tentu pernah mengalami kekecewaan, karena barang yang anda miliki rusak karena berkarat. Sepeda, hiasan, mainan, alat dapur yang awalnya bersih menjadi rusak. Secara ekonomi, sangat besar biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki atau bahkan menganti barang-barang yang berkarat.

Proses perkaratan pada barang-barang dari logam tersebut merupakan proses elektrokimia, dimana logam-logam tersebut berinteraksi dengan zat-zat kimia yang ada di lingkungannya sehingga terjadi reaksi redoks. Apakah proses elektrokimia selalu merugikan kita? Proses elektrokimia yang tidak terkendalikan akan banyak merugikan kita. Tetapi perkembangan ilmu telah berhasil mengendalikan proses elektrokimia. Anda tentu pernah menggunakan barang-barang hasil proses elektrokimia. Baterai untuk menyalakan radio, kalkulator, atau jam tanganmu merupakan barang yang menggunakan proses elektrokimia. Contoh lain dari proses elektrokimia adalah pelapisan logam dengan logam lain. Coba amati komponen dari sepeda yang putih mengkilap. Komponen tersebut terbuat dari besi yang sudah dilapisi krom. Sekarang sudah banyak barang-barang khususnya perhiasan yang berlapiskan perak atau emas. Seperti halnya penyepuhan logam.

Pada pembelajaran tentang Elektrolisis, Anda mempelajari kegunaan dari elektrolisis tersebut. Diantaranya, elektrolisis dapat digunakan untuk melapisi logam yang mudah berkarat dengan logam yang lebih tahan terhadap perkaratan (korosi). Dalam kehidupan sehari-hari, perhiasan yang bukan emas dilapisi dengan emas. Istilah yang sering digunakan disini adalah penyepuhan.

Logam yang tidak mudah berkarat atau tahan korosi ini diantaranya terdapat logam-logam yang tergolong mulia. Ingatkah Anda logam apa saja yang tergolong logam mulia? Cu, Hg, Ag, Pt, dan Au. Ya, ada 6 logam tergolong mulia. Kaleng makanan adalah besi yang dilapisi timah putih, Sn. Sn memang tidak termasuk logam mulia, namun pada deret keaktifan logam, harga potensialnya mendekati logam mulia. Jadi dapat dikatakan Sn agak mulia, sukar mengalami oksidasi. Dari penelitian para pakar, diputuskan bahwa kaleng makanan adalah besi dilapisi Sn.


Alat dan Bahan


No.
Nama Alat/Bahan
Jumlah
Keterangan
1
Paku
2 buah

2
Elektroda tembaga
1 buah

3
Gelas Kimia 250 mL
1 buah

4
Catu Daya
1 buah

5
CuSO4(aq) 0,1 M
100 mL

6
Kabel Penghubung dengan Berpenjepit Buaya
2 buah


Prosedur Percobaan
1.  Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Isi gelas kimia dengan 100 mL CuSO4(aq).
2.  Rangkailah peralatan seperti pada gambar di bawah ini:


Gambar Rangkaian Alat Percobaan
3.  Nyalakan catu daya, alirkan arus sebesar 12 V DC selama 10 menit.
4.   Perhatikan apa yang terjadi pada pada paku.


Pembahasan
Persamaan elektrolisis penyepuhan besi dengan tembaga adalah:
Katode (Fe)     : Cu2+ + 2e- => Cu
Anode (Cu)      : Cu => Cu2+ + 2e-

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat