Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 24 Maret 2014

Cara Membuat Larutan Biuret

Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit: 24 Maret 2014

Mengapa Harus Membuat Larutan Biuret Sendiri?

Alasan pertama mengapa larutan biuret harus dibuat sendiri adalah masalah efisiensi. Sedangkan alasan kedua adalah karena alasan stabilitas zat. Larutan biuret yang sudah jadi lebih tidak stabil dan mudah rusak. Maka pilihan untuk membuat sendiri larutan biuret dari bahan-bahan padat lebih tepat, karena bahan yang berwujud padat lebih stabil dibandingkan zat dalam bentuk larutan. Sebagai tambahan informasi harga biuret  Rp.80.000/1000 mL.
*Harga bulan Maret 2014, harga di setiap toko berbeda-beda

Tentang Larutan Biuret
Biuret adalah senyawa kimia dengan rumus kimia H2NC(O)NHC(O)NH2. Ini adalah hasil dari kondensasi dua molekul urea dan  merupakan pengotor dalam pupuk urea. Senyawa ini berbentuk padatan putih, larut dalam air panas. Biuret pertama kali disusun dan dipelajari oleh Gustav Heinrich Wiedemann (1826 - 1899) untuk disertasi doktornya, yang disampaikan pada tahun 1847.
Rumus Struktur Biuret

Cara Membuat Larutan Biuret
Senyawa induk dapat dibuat dengan pemanasan urea di atas titik leleh di mana suhu amonia dikeluarkan:
2 CO(NH2)2 → H2N-CO-NH-CO-NH2 + NH3
Salah satu cara yang dapat digunakkan untuk membuat larutan biuret adalah sebagai berikut:
  1. Reagen A: Larutkan 8,5 gram CuSO4.5H2O (terusi) ke dalam akuades 30 mL. Kocok sampai rata. Encerkan dengan akuades sampai 50 mL.
  2. Reagen B: Larutkan 3,6 gram KI (kalium iodida) ke dalam akuades 30 mL. Kocok sampai rata. Encerkan dengan akuades sampai 50 mL.
  3. Reagen C: Larutkan 81 gram C3H4OH(COOH)2COONa (Na-sitrat), 50 gram Na2CO3 dan 80 gram NaOH ke dalam akuades 600 mL. Kocok sampai rata. 
  4. Langkah terakhir, tambahkan Reagen C dengan Reagen A. Kocok sampai larut. Lalu setelah Reagen A dan Reagen C larut sempurna tambahkan Reagen B. Kocok kembali. Terakhir encerkan larutan tersebut sampai 1000 mL.
Bahaya Larutan Biuret
Larutan biuret dapat menyebabkan iritasi jika terpapar pada derah sensitif dan dalam jangka waktu yang lama.

Aplikasi Larutan Biuret
  1. Sebagai sumber nitrogen non protein dalam pakan ternak pemamah biak.
  2. Sebagai larutan uji untuk protein dan polipeptida.
Catatan: Untuk mengetahui pembuatan larutan reagen lainnya silakan klik link berikut: Larutan-Larutan

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat