Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 09 Maret 2014

Cara Mengencerkan Larutan

Tangga terbit: 9 Maret 2014

Sering sekali kita kebingungan untuk melakukan pengenceran terhadap larutan pekat. Selain karena masalah keamanan. Kita juga sering sekali bingung bagaimana perhitungan dalam mengencerkan larutan. Berikut saya berikan contoh kasus pengenceran larutan:

Jika dalam praktikum kita memerlukan 1000 mL HCl 1 M
Rumus: M1V1 = M2V2
Keterangan
M1: Molaritas larutan yang diketahui
V1: Volum larutan yang akan diambil
M2: Molaritas larutan yang diinginkan
V2: Volum larutan yang diinginkan

Berdasarkan rumus diatas maka kita dapat memasukkan hasil yang kita dapatkan pada perhitungan molaritas HCl berdasarkan persen massa ke bagian Msehingga:
Catatan: Jika anda kebingungan dari mana asal angka molaritas HCl 11,74 silakan buka link berikut: Cara Menghitung Molaritas Zat Cair dari Persen Massa.

Cara di atas hanya menjelaskan bagaimana perhitungan pengenceran suatu larutan berdasarkan molaritas. Sebenarnya kita juga bisa melakukan pengenceran larutan dengan persentase dengan menggunakan rumus di atas. Misalnya kita ingin mengencerkan alkohol 95% menjadi 70%. Pakai saja rumus di atas dengan mengganti variabel M yang asalnya molaritas menajdi konsentrasi.

Jika di atas kita telah membahas perhitungannya selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara untuk mempraktikan perhitungan di atas. Berikut saya berikan gambar bagaimana proses pengenceran larutan tersebut dapat dilakukan:
Gambar 1. Teknik mengambil larutan dengan pipet filler

Gambar 2. Teknik mengencerkan larutan dengan labu ukur

Catatan: jika anda mengalami kesulitan dalam menerapkan prosedur gambar di atas. Ada baiknya anda membaca terlebih dulu link di bawah ini:
Cara Menggunakan Pipet Filler
Cara Membuat Larutan








0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat