Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 24 September 2014

Konsultan Laboratorium IPA (Sains, Fisika, Kimia dan Biologi)

Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit: 24 September 2014

Semenjak bekerja di Pudak Scientific saya semakin akrab dengan dunia laboratorium. Terutama setelah sering berkeliling ke berbagai kota/kabupaten di Indonesia, terhitung sudah 13 Provinsi yang saya kunjungi dalam kurun waktu 21 bulan ini. Tapi anehnya permasalahan yang ditemui selalu masalah yang sama. Apakah ini karena dunia pendidikan kita hanya mengajarkan caranya menghapal, bukan mencari solusi?

Permasalahan yang sering dihadapi di Lab. IPA yang sering saya temui saya rumuskan sebagai berikut:
  1. Keterbatasan dana dari sekolah
  2. Tidak tersedianya laboran. Sehingga masalah pengelolaan lab menjadi tanggung jawab banayk pihak, yang pada akhirnya tidak ada yang bertanggung jawab karena saling lempar masalah.
  3. Lab yang dibangun oleh pemerintah tidak sesuai standar. Namanya juga tender, standar urusan kedua, karena yang utama adalah keuntungan. Mengapa demikian? Karena guru IPA juga tidak tahu bagaimana standarnya.
  4. Penyimpanan alat dan bahan yang seenaknya. Dirasa cukup, alat dan bahan bisa berdiri tegap, maka itulah tempat penyimpanannya.
  5. Furniture lab yang asal ada. Lemari yang banyak jenisnya, meja dan kursi juga banyak, maka pilihlah yang memang peruntukkannya untuk lab.
  6. Praktikum yang jarang dilakukan. Mengajar teori saja tidak terkejar terus karena anaknya sulit paham. Apalagi mengalokasikan waktu untuk praktikum?
  7. Perawatan alat dan bahan. Kebanyakan orang mempunyai kecenderungan untuk dapat merusak alat tanpa bisa memperbaikinya
Saya merasa saya mempunyai kemampuan untuk membantu rekan-rekan yang ingin mengubah dan memberikan saran-saran terhadap pembelajaran praktikum di laboratorium IPA (Sains, Fisika dan Kimia) ke arah lebih baik lagi. Salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan bedah laboratorium IPA dengan mengatasnamakan Alumni Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tapi ini saja belum cukup, karena saya hanya bisa memperbaiki lab sebanyak 1 buah dalam sebulan bersama tim saya.


Oleh karena itu saya membuka kesempatan untuk rekan-rekan bertanya tentang masalah pengelolaan laboratorium, pembangunan lab, SOP dan lain-lain.

Pengalaman di bidang lab:
  1. Staf teknis bidang kimia di Pudak Scintific
  2. Pemateri pendamping untuk pelatihan pengelolaan laboratorium IPA tingkat dasar
  3. Pemateri pendamping untuk pelatihan pengelolaan laboratorium IPA tingkat lanjut
  4. Konsultan laboratorium IPA untuk SMP Mutiara Bunda Arcamanik
  5. Ketua tim bedah laboratorium Alumni Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung di MAN Jampang Tengah
Hubungi saya di:
Rofa Yulia Azhar
PIN BB: 24E19579
HP: 081903748591
Email: rofa_neutron1990@yahoo.co.id

Catatan:
Jika anda ingin belajar sendiri masalah laboratorium silakan buka link berikut: Pengelolaan Laboratorium

Gambar Tim Bedah Laboratorium di Man Purabaya, Sukabumi

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat