Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 08 Oktober 2014

Mengapa Motor dan Mobil Tidak Dikategorikan Sebagai Makhluk Hidup?

Tanggal terbit: 7 Oktober 2014
Catatan: Posting ini dibuat berdasarkan jawaban yang pernah saya buat terhadap pertanyaan netizen di sini (klik untuk selengkapnya)

Pertanyaan ini pertama kali saya dengar waktu kelas 7 SMP (sekitar tahun 2003) dan sampai sekarang masih ditanyakan oleh guru maupun oleh soal-soal yang ada di buku. Klasik sekali bukan? Tetapi mengapa banyak yang kesulitan menjawabnya? Mungkin karena pendidikan kita hanya mengajarkan caranya mengahapal, bukan mencari solusi.

Mengapa motor dan mobil tidak dikategorikan sebagai benda hidup? Padahal motor dan mobil makan (bensin), bergerak (jika di gas), mengeluarkan zat sisa (asap di knalpot), dan peka terhadap rangsangan (jika di gas bergerak)? Yup betul sekali.

Tapi mari kita renungkan. Ada 7 ciri suatu benda dikatakan sebagai suatu mahluk hidup. Hal yang paling utama dan pertama yang menandakan suatu benda hidup adalah berkembang biak. Memang motor bergerak dan mengeluarkan zat sisa. Tapi apakah dia dapat berkembang biak?

Jawaban yang cukup simple kan?


Gambar Ilustrasi Motor

Gambar Ilustrasi Mobil

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat