Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 08 Oktober 2014

Mengapa Es Batu Selalu Mengambang di Atas Permukaan Air?

Tanggal terbit: 8 Oktober 2014
Catatan: Posting ini dibuat berdasarkan jawaban yang pernah saya buat terhadap pertanyaan netizen di sini (klik untuk selengkapnya)

Pernahkah kamu membandingkan massa dari satu ember air dengan satu ember tanah? mana yang lebih berat? Betul. Satu ember tanah akan terasa lebih berat dibandingkan satu ember air meskipun ukuran embernya sama. Itulah yang dinamakan massa jenis. Setiap benda akan memiliki massa yang berbeda-beda meskipun volumenya sama. Secara teoritis digambarkan dengan rumus ρ (massa jenis) = m (massa)/V(volume)

Begitu juga dengan es batu dan air. Es batu walaupun kelihatannya berbentuk zat padat (dan bisanya zat padat selalu lebih berat) tetapi dalam volum yang sama dengan air massanya lebih ringan. Berarti massa jenisnya lebih ringan. Itulah sebabnya es batu jika dimasukkan ke dalam air akan selalu mengambang di atas. Dia akan ke bawah kecuali jika kamu tekan dengan sedotan.


Es Batu Selalu Mengambang di Atas Permukaan Air

0 komentar :

Posting Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat