Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 09 Oktober 2014

Mengapa Air Bisa Membeku?

Tanggal terbit: 9 Oktober 2014
Catatan: Posting ini dibuat berdasarkan jawaban yang pernah saya buat terhadap pertanyaan netizen di sini (klik untuk selengkapnya)

Ini pertanyaan yang cukup rumit. Minimal anda harus duduk di kelas 11 SMA dulu untuk memahami jawaban mengapa air bisa membeku. Berikut penjelasan sederhana dari saya:

Air bisa membeku karena terjadi penurunan energi kinetik di dalam molekul air. Proses pendinginan menyebabkan molekul-molekul air kehilangan panas. Panas berpindah dari sistem (air) ke lingkungan (misalnya freezer). Panas yang hilang menyebabkan energi kinetik dalam air berkurang. Ketika energi kinetik berkurang pergerakan molekul-molekul air semakin lambat.


Ada gaya antar molekul-molekul air yang semakin kuat ketika gerakan partikel melambat, yaitu ikatan hidrogen. Karena ikatan ini semakin kuat maka air berubah menjadi es.


Es Batu Selalu Mengambang di Atas Permukaan Air

Anda juga dapat mengajukan pertanyaan seputar sains, pendidikan, gaya hidup dan juga cinta ke www.RofaYuliaAzhar.com dengan cara mengirim email ke rofa_neutron1990@yahoo.co.id.
Pertanyaan anda Insya Allah akan secepatnya dibalas.

3 komentar :

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat