Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 10 November 2015

Makna dan Pentingnya Kewibawaan dalam Pendidikan

Tanggal terbit: 10 November 2015


Ciri utama seorang pendidk adalah adanya kewibawaan yang terpancar dari dirinya terhadap anak didik. Guru sebagai pendidik harus memiliki kewibawaan, baik dalam pembelajaran di kelas ataupun kegiatan lain di luar kelas. Kewibawaaan mempunyai peran penting dalam usaha menentukan dan merumusakan tujuan hakiki dan arti pendidikan.

Kewibawaan merupakan syarat mutlak dalam pendidikan, artinya jika tidak ada kewibawaan maka pendidikan itu tidak mungkin akan terjadi. Sebab, dengan adanya kewibawaan pendidik akan diikuti secara sukarela oleh anak didik.

Pendidik harus mempertahankan kewibawaan yang dimilikinya sehingga kewibawaan tersebut terus dipelihara dan dibinanya. Lageveld merumuskan tiga sendi kewibawaan, yaitu: kepercayaan, kasih sayang dan kemampuan mendidik.

Kewibawaan yang dimiliki pendidik, pada suatu saat mungkin akan goyah atau melemah. Agar kewibawaan yang dimiliki oleh pendidik tidak goyah, maka hendaknya pendidik itu selalu:
  1. Bersedia memberi alasan yang mudah diterima oleh anak didik dari apa yang kita perintahkan.
  2. Bersikap demi kamu, dengan menasehati, melarang atau menegur, yang semuanya demi anak didik sendiri dan bukan untuk kepentingan pendidik.
  3. Bersikap sabar dan tidak lekas putus asa.
  4. Bersikap memberi kebebasan kepada anak didik agar dapat belajar mengambil keputusan dan belajar bertanggung jawab.
Daftar Pustaka
Sadulloh, Uyoh, dkk. 2015. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.


2 komentar :

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat